Kamis, Juni 12, 2025
Google search engine
BerandaBacaritaMagang Digital Marketing Mengesankan; Belajar Pengembangan Bisnis UMKM KDI

Magang Digital Marketing Mengesankan; Belajar Pengembangan Bisnis UMKM KDI

Kampusdesa.or.id–Magang di Kampus Desa Indonesia bagi kami selaku mahasiswa STIE Malangkucecwara, merupakan sebuah pengalaman yang mengesankan. Para mentor dari Kampus Desa Indonesia mendapingi kami dengan baik dan ramah. Situasi tersebut menciptakan kenyamanan bagi kami untuk melakukan aktivitas magang di Kampus Desa Indonesia. Kami belajar banyak hal, seperti cara memasarkan produk khususnya di Digital Marketing, sesuai dengan jurusan dan peminatan kami di kampus.

Kegiatan magang yang kita lakukan di Kampus Desa Indonesia seperti pengenalan produk, konten produk, dan proses pemasaran secara digital. Dari kegiatan tersebut memberikan pengalaman bagi kami bahwa kerja sama tim adalah hal yang sangat penting. Kita saling membantu satu sama lain untuk menciptakan kreatifitas dalam mempromosikan produk. Dengan demikian kami punya kemampuan mengenalkan produk yang disukai oleh konsumen.

Analisis Pasar dan Ngonten untuk Pemasaran

Selain itu, selama magang di Kampus Desa Indonesia, kami juga belajar bagaimana menganalisis pasar dan memahami kebutuhan konsumen agar strategi pemasaran yang kami terapkan lebih efektif. Kami langsung mengelola akun media sosial, merancang strategi konten, dan mengoptimalkan iklan digital agar produk yang kami pasarkan menjangkau lebih banyak orang.

Baca juga: Menjadi Pengusaha; Memantik Energi dari dalam Perusahaan

Tidak hanya itu, interaksi dengan para pelaku UMKM di Kampus Desa Indonesia juga membuka wawasan kami tentang tantangan yang mereka hadapi dalam mengembangkan usaha. Kami menerapkan teori yang dipelajari di perkuliahan untuk memberikan solusi, sekaligus mengasah kemampuan komunikasi dan negosiasi dalam dunia bisnis.

Take video. Suasana pengambilan konten di arena kampus STIE Malangkucecwara

Pengalaman ini menjadi momen berharga yang memperkaya wawasan dan membangun kepercayaan diri kami dalam menghadapi dunia kerja nyata. Melalui magang di Kampus Desa Indonesia, kami tidak hanya memahami praktik pemasaran digital, tetapi juga menyadari pentingnya strategi yang tepat. Lebih dari itu, kami merasakan betapa kerja sama tim, inovasi, dan semangat untuk terus belajar menjadi kunci keberhasilan. Semua itu membentuk kami menjadi pribadi yang lebih adaptif dan siap menghadapi tantangan masa depan.

Pengalaman ini sangat berharga bagi kami. Tidak hanya menambah ilmu, tetapi juga membangun rasa percaya diri dalam menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.

Social Media Analyst

Sebagai social media analyst, kami belajar cara menganalisis performa konten memakai berbagai tools digital. Pada dasarnya kami sudah mempelajarinya di perkuliahan, sehingga kami bisa mengimplementasikan di magang Lembaga Kampus Desa Indonesia. Kami mulai paham bagaimana cara membaca data, mengukur engagement, dan menentukan strategi konten yang lebih efektif berdasarkan insight dari audiens. Ternyata, dunia media sosial tidak hanya soal membuat postingan keren, tapi juga butuh analisis supaya konten yang telah kita buat bisa maksimal.

Baca juga: Tuntas; Tiga Puluh Pemuda Desa Dilatih Bermental Wirausaha

Kami memilih fokus pada media sosial TikTok karena platform ini sangat digemari oleh Gen-Z dan lintas generasi lainnya. Popularitas TikTok memberikan kemudahan bagi kami untuk memahami strategi promosi yang relevan dan kekinian. Melalui konten yang kreatif dan fitur jual beli yang tersedia, kami mampu menarik pelanggan baru secara lebih efektif. TikTok bukan hanya media hiburan, tetapi juga ruang strategis untuk membangun koneksi pasar dan memperluas jangkauan produk secara dinamis.

Menuai Pengalaman Berharga

Sebulan magang di Kampus Desa Indonesia tidak hanya ngajarin soal digital marketing dan social media analysist, tapi juga melatih skill komunikasi, teamwork, dan problem-solving. Pengalaman ini membuka wawasan kami tentang industri fashion muslim dan bagaimana digital marketing berperan penting dalam keberhasilan suatu brand. Kami merasa lebih siap untuk terjun ke dunia profesional setelah pengalaman magang ini.

Kami belajar bagaimana mengelola media sosial, menganalisis pasar, serta menciptakan strategi pemasaran yang efektif berdasarkan data dan tren yang ada.

Jadi magang di Kampus Desa Indonesia memberikan banyak pelajaran dan pengalaman berharga bagi kami, baik dari segi ilmu pemasaran digital maupun pengembangan keterampilan profesional. Kami belajar bagaimana mengelola media sosial, menganalisis pasar, serta menciptakan strategi pemasaran yang efektif berdasarkan data dan tren yang ada. Selain itu, kami juga mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan pelaku UMKM dan memahami tantangan yang mereka hadapi dalam mengembangkan bisnis mereka.

Lebih Siap Kerja

Secara keseluruhan, magang ini membuat kami merasa lebih siap untuk terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya. Kami semakin memahami bahwa keberhasilan dalam pemasaran digital tidak hanya bergantung pada strategi yang tepat, tetapi juga kerja sama tim, inovasi, serta kemauan untuk terus belajar dan beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di industri. Magang di Kampus Desa Indonesia benar-benar menjadi pengalaman yang berharga dan tak terlupakan bagi kami.

Kami mahasiswa STIE Malangkucecwara mengucapkan beribu-ribu terimakasih kepada Kampus Desa Indonesia yang telah memberikan kami kesempatan untuk bekerja sama dan berkembang bersama di Kampus Desa Indonesia, dan kita juga berterimakasih kepada mentor mentor yang telah membimbing kita selama satu bulan ini. Semoga ilmu yang telah kita dapat selama magang di Kampus Desa Indonesia ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Dan semoga Kampus Desa Indonesia juga dapat berkembang lebih baik dan lebih luas dan dapat berbagi ilmu kepada semua orang (Afiffa Nadine, dkk).

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments