Pereda Demam Anak Tanpa Obat dari Dokter 

0
197
Demam anak. Salah satu teknik menurunkan demam anak tanpa resep dokter. Gambar diambil dari Republika.co.id

0Shares
0

Anda tidak perlu bingung ketika anak sedang demam. Beberapa cara berikut ini dapat anda lakukan dengan memberikan bahan obat tradisional atau obat yang cukup familier ada di sekitar anda. Tips sederhana ini ampuh sebagai obat demam anak-anak Anda. Selamat mencoba.

Kampusdesa.or.id–Bila anak menderita demam, maka sudah hampir dipastikan orang tua akan merasa panik. Berbagai cara menurunkan demam pada anak tanpa obat pun dilakukan. Beberapa orang tua langsung mengkompres anak, beberapa ada yang masih menggunakan obat tradisional, dan tentu ada yang langsung pergi ke dokter.

Inilah beberapa cara menurunkan demam pada anak tanpa obat:

Pertama, berilah madu. Anak yang rajin minum madu maka akan jarang sekali menderita berbagai penyakit, termasuk demam. Sebab madu mengandung berbagai nutrisi seperti: karbohidrat, vitamin (B, C, E), asam amino, mineral, kalium, natrium, zat besi, dan seabagainya. Namun, bila anak berusia kurang dari satu tahun, hindari memberikan madu. Sebab madu mengandung spora clostridium botulinum. Bakteri ini penyebab munculnya penyakit botulisme pada bayi.

Kedua, pakailah minyak kelapa atau minyak tawon. Bagaimana caranya? Gosoklah perlahan kulit anak atau bayi Anda dengan campuran minyak kelapa dan kunyit. Meskipun terlihat sepele, namun inilah cara menurunkan demam pada anak tanpa obat yang mujarab. Tidak percaya? Buktikan saja!

Ketiga, perbanyaklah minum air kelapa muda, boleh dengan degan yang lembut atau lunak. Air kelapa muda efektif mengatasi demam sebab mengandung banyak mineral antara lain kalium. Namun jangan sekali-kali diberi es atau diberikan dalam kondisi dingin. Juga jangan diberi gula atau sirup karena menyebabkan beberapa anak menjadi batuk.

Keempat, ambillah buah labu atau bligo. Potonglah menjadi dua bagian. Isinya dibuang. Lubang labu itu diisi dengan gula batu hingga mencair menjadi air. Nah, minumkanlah airnya untuk anak.

Baca juga : 

Kelima, ambillah lima siung bawang merah. Kupaslah. Setelah itu diparut dan dicampuri minyak kelapa secukupnya. Oleskan ke ubun-ubun anak dan ke semua bagian tubuhnya.

Keenam, ambillah sepuluh gram rimpang temulawak, cuci sampai bersih. Parutlah, lalu tambahkan setengah gelas air panas, aduklah. Setelah bersih, saringlah dan ambil sarinya. Campurlah dengan dua sendok makan madu bunga kapuk, aduklah. Bagilah menjadi tiga campuran antara madu dan temulawak. Berikan 3 x sehari.

Inilah berbagai cara menurunkan demam anak tanpa obat, alias menggunakan obat tradisional yang cepat bisa kita peroleh di sekitar kita. Semoga bermanfaat dan silakan mencoba. Tetap konsultasikan kesehatan buah hati anda, jika demam anak tidak kunjung menurun, barangkali ada hal lain yang tidak diketahui sehingga dialog atau konsultasi pada yang lebih ahli (dokter) tetap dibutuhkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here