Inhalasi Rumahan; Mengatasi Sesak Nafas secara Mandiri

0
157
Inhalasi. Sumber gambar diambil dari https://www.orami.co.id/magazine/anak-batuk-pilek-jangan-asal-inhalasi-pakai-nebulizer/

Para tenaga kesehatan terkadang mengalami hambatan ketika bertugas di tempat-tempat terpencil, sementara dalam menolong klien/pasien kita membutuhkan alat bantu tersebut. Nah, bagi yang memiliki riwayat dengan sesak nafas, ada cara sederhana melakukan inhalasi sederhana.

Indonesia yang begitu luas tidak hanya terbagi menjadi kota dan desa saja. Ada yang lebih dari desa yaitu udik. Bagi Tenakes (Tenaga Kesehatan), tak ada alasan untuk tidak melakukan tindakan terhadap korban atau pasien yang terserang sesak nafas.

Nah, buat para Tenakes dan relawan yang memiliki jiwa sosial, tak usah bingung jika tidak didapati rumah sakit atau pun klinik, tak perlu repot jika tidak memiliki arus listrik di tempat tersebut, jikalau memang bisa dimodifikasi dengan seadanya.

Jika tidak tersedia perlatan yang memadahi, maka kita bisa menggunakan teknik inhalasi rumahan yang bisa menjadi solusinya. Tujuannya adalah untuk memperlebar jalan nafas yang terhimpit karena alergi atau asma. Manfaatnya selain hemat, mudah dan praktis. Lalu, apa sajakah yang perlu disiapkan?

Minyak kayu putih yang memberikan rasa mint dibantu dengan uap panas, maka hal ini dapat membuat jalan nafas semakin lancar.

Yang pertama wadah yang berisi air panas, minyak kayu putih dan kertas.
Minyak kayu putih yang memberikan rasa mint dibantu dengan uap panas, maka hal ini dapat membuat jalan nafas semakin lancar. Jadi, tuang minyak kayu putih 5-10 tetes ke dalam wadah yang berisi air hangat. Setelah itu buat kertas seperti corong. Yang ukuran kecil di letakan di hidung dan mulut. Setelah itu lalukan relaksasi nafas dalam sampai sesak berkurang.

Cara relaksasi nafas dalam yang tepat adalah tarik nafas panjang dari hidung lalu hembuskan secara perlahan melalui mulut. Lakukan terus menerus hingga jalan nafas terasa lebih baik dari sebelumnya.

Atau jika terpaksa tidak ada air panas, cukup gunakan minyak kayu putih. Caranya pun lebih simpel. Jadi, tuang minyak kayu putih secukupnya ke telapak tangan. Gosok sampai panas lalu letakan kedua telapak tangan di hidung dan mulut. Bentuk seperti mangkuk, dan lakukan relaksasi nafas dalam 7-10 kali.

Jika sesak tidak mengalami perubahan maka konsultasikan pada bagian medis agar dapat ditindaklanjuti.

Sejauh ini, tidak ada efek samping negatif terhadap tindakan Inhalasi rumahan. Tidak juga menjadi ketergantungan. Sebab, hal itu dapat dikendalikan jika sudah tahu penyebab dari sesak nafas tersebut. Bagaimana yang paling sederhana, yaitu, cukup hindari pencetusnya.

Salam sejahtera, Semoga sehat ya.

Tambun, 24-07-2018

————
*Inhalasi adalah proses bernafas manusia dimulai dari menghirup udara ke paru-paru.
Tetap konsultasi ke dokter sebagai cara yang lebih aman. Artikel ini semata-mata bersifat informatif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here