Yuk, Menjadi Relawan Camp Literasi Sains 2018

0
794
Belajar sain. Membuat lampu damar dari bahan air, minyak kelapa dan api

0Shares
0

KampusDesa–Upaya mencintai sains sejak dini perlu disajikan dengan menyenangkan. Jika sekolah berjibaku dengan teks tetapi miskin percobaan, anak-anak semakin takut dengan bayangan sains yang rumit dan menakutkan. Untuk itu perlu adanya suatu kegiatan yang dapat menyederhanakan sains menjadi sains yang menggembirakan. Selain itu mulai hilangnya permainan tradisional di kalangan anak-anak yang berkembang di era teknologi, sepertinya mengangkat bermain yang lebih alamiah, bahkan bermain secara tradisional merupakan suatu ironi. Jaman digital kok masih mencari-cari egrang, gobaksodor, gatengan dan sebagainya.

Baca juga :

Ada juga lo, bermain daun janggelan untuk bahan agar-agar, lalu dileburkan di air, kemudian di rendam di air, akhirnya mengental menjadi seperti agar-agar (cincau-lah kalau sekarang). Permainan ini adalah proses persenyawaan kimiawi yang sangat akrab pada anak-anak dulu, yang belum banyak tergantikan dengan teknologi. Nah, keakraban bermain ini menginspirasi bahwa realitas sains sudah dikenal anak-anak sejak dini melalui ragam permainan alami. Sayang permainan itu semakin tersingkir sejalan dengan kebutuhan waktu sekolah yang tergantikan dengan teks-teks sains yang kadang menjadi lebih abstrak, sehingga menjadi semakin sulit dan menakutkan.

Yuk pindah praktikum-praktikum di laboratorium yang eksklusif itu, digubah menjadi peraga-peraga bermain yang menyenangkan untuk anak-anak. Dengan cara ini mereka akan bisa dibangkitkan minat sainnya hanya dari kegiatan bermain, bukan berpikir formal saintifik.

Mari mengenalkan sains bukan dari teks, toh teks-teks sains sudah banyak diajarkan di sekolah. Yuk inspirasi anak-anak Indonesia mendapatkan pengalaman nyatanya melalui kegiatan bermain yang di situ terkandung praktikum mini sains. Yuk pindah praktikum-praktikum di laboratorium yang eksklusif itu, digubah menjadi peraga-peraga bermain yang menyenangkan untuk anak-anak. Dengan cara ini mereka akan bisa dibangkitkan minat sainnya hanya dari kegiatan bermain, bukan berpikir formal saintifik.

Yuk, yang menyadari bahwa anak-anaknya sudah terkuras pikirannya di sekolah sedemikian rupa atau sepertinya mereka sudah sangat antipati dengan sains di sekolah, ada baiknya mereka ikut bermain saja bersama kami. Meski mereka kesulitan di sekolah dan para Panda dan Bunda gelisah, bahkan marah-marah, ada baiknya dilibatkan dalam kegiatan ini. Mereka bisa bergembira tetapi langsung dikenalkan dunia sains dengan penuh kegembiraan. Biasanya, jika anak itu gembira, dia akan betah melakukannya. Betah ini berarti mereka suka. Suka berarti ada peluang dipelajari dengan serius. Jangan-jangan, mereka tidak suka sains, gara-gara mereka diajari bukan dari kegiatan yang mereka sukai terlebih dahulu. Oleh karena itu, pendekatan bermain menjadi sangat relevan agar anak-anak mencintai sesuatu. Bukankah anak-anak lebih suka menekuni sesuatu jika itu aktifitasnya bermain ? Mari kita pikir bersama jawabannya.

Baca juga :

Kampus Desa Indonesia melalui Tim Desa Sains bersaha membawa sains kepada masyarakat dan anak-anak di pedesaan yang masih awam atau bahkan sudah terlanjut takut dengan sains, untuk tumbuh kecintaannya kembali pada sains melalui cara-cara bermain. Tim Desa Sains dari Kampus Desa Indonesia sedang berkolaborasi dengan beberapa pihak yakni Markaz Dolanan, Komunitas Gubuk Tulis, Komunitas Garuda Malang, dan Tim Dolanan Malang, menggagas kegiatan Camp Literasi Sains yang dilakasanakan selama satu hari (full day).

Baca juga :

Tentu kami tidak bisa sendiri, apalagi ikhwal sains yang bisa digubah menjadi permainan. Keterbatasan ini tentu menjadikan idealisme tersebut tidak boleh padam. Kami yakin, masih banyak anak muda Indonesia yang pandai tetapi memiliki kepedulian yang tinggi untuk mewujudkan anak-anak mencintai sains hanya dari kegiatan bermain.

Yuk, jika kamu orang baik dan peduli pada masa depan anak-anak Indonesia, daftarkan diri Anda menjadi RELAWAN CAMP LITERASI SAINs.

Tujuan Kegiatan

  1. Mengenalkan sains sederhana dalam kehidupan sehari-hari
  2. Untuk membumikan sains agar lebih memasyarakat dan mudah diterima oleh anak-anak
  3. Sebagai bentuk pengabdian sosial masyarakat bagi relawan
  4. Untuk membentuk generasi yang melek sains.

Siapa Relawan Camp yang Kami Ajak

  • Mahasiswa /Umum (Terbatas)
  • Bersedia mengabdi full time di kegiatan “Camp Literasi Sains”
  • Melakukan pendaftaran online melalui link formulir pendaftaran relawan camp literasi sains. E………. sudah klik apa belum, kok langsung membaca selanjutnya. Heee….
  • Jika sudah terdaftar dan lolos sebagai relawan maka wajib melakukan pembayaran kontribusi relawan.
  • Melakukan konfirmasi Pendaftaran dan pembayaran
  • Relawan yang telah terdaftar dan membayar WAJIB mengikuti pembekalan pada :

Sabtu, 15 Desember 2018 (09.00-14.00)

Persyaratan khusus relawan :

  • Aktif sebagai mahasiswa atau alumni dari jurusan MIPA (Murni, pendidikan). Lebih diutamakan yang kreatif mampu menciptakan peraga belajar
  • Teknik Arsitektur, Teknik Sipil dan lain sebagainya (khususnya mahasiswa yang sudah memiliki produk praktikum tetapi mudah dijadikan sebagai bahan bermain anak-anak)
  • Public Speaking, diutamakan yang suka bercerita
  • Psikologi Anak.
  • Reporter (junalis kegiatan)
  • Videografer dan Fotografer
  • Kesenian
  • Ikhlas dan komitmen
  • Mengabdi (urgent)

Timeline Kegiatan

Pendaftaran relawan camp >>>>>>>>  1-9 Desember 2018
Pengumuman lolos menjadi relawan >>  10 Desember 2018
Pembayaran relawan camp >>>>>>>> 10-15 Desember 2018


Pelaksanaan Kegiatan
19 Desember 2018


Lokasi Kegiatan

Kegiatan Camp Literasi Sains ini akan diadakan selama satu hari penuh (Full day) yang bertempat di Markaz Dolanan dan Seputaran Lahan Kelurahan Cemorokandang, Kota Malang.

Kontribusi Peserta : Rp. 25.000 (Konsumsi dan Sertifikat). Untuk transport biaya sendiri

Pembayaran dapat transfer melalui Rekening
BRI a.n. Deshinta Endah F. No. Rek. 034401093730507
Konfirmasi Pembayaran ke Deshinta (081231854903)

Masih mikir, tidak mendaftar, berat kehilangan uang. Wuiih, banyak sekali pertimbangan Anda…

Coba baca ini juga deh kalau begitu :

Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi :
Relawan Camp    :    Nuril ( 085232060506) dan Ilma ( 089696841554)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here