Membangkitkan Kesadaran Sains Sejak Dini

Winda Aulia Dwiyanti. Penulis adalah salah satu relawan yang terlibat dalam Camp Literasi Sains Kampus Desa

0
535
Rangku Alu. Permainan tradisional itu mengombinasikan unsur bahan alam dan gerak yang kompleks karena digerakkan oleh lintas kordinasi seragam. Secara psikologis, anak dilatih berkolaborasi secara serempak untuk mendapatkan efek gerak yang berirama. Cara ini memberikan stimulus luar biasa terhadap dimensi gerak, seni dan alam.

0Shares
0

Sekolah atau guru barangkali lupa atau terlena, berjibaku dengan aneka hapalan rumus sains dan menguji kebenarannya di akhir semester. Apa gunanya rumus dan kebenaran itu pada dunia pembelajar, jika kemudian mereka buta terhadap kenyataan sains yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari? Camps Literasi Sains Kampus Desa diselenggarakan untuk membuka mata siswa bahwa sains itu bisa disentuh, bahkan bisa dipraktikkan dengan penuh gembira. Berminat menjadi relawan sains Kampus Desa, atau Sekolah Anda agar guru-gurunya mampu mereproduksi sains menjadi bahan out-bond yang menakjubkan, hubungi kantor atau media sosial kami.

Malang, KampusDesa–Indonesia merupakan negara yang terdiri dari berbagai suku,budaya dan agama yang menjadi identitas daerah masing-masing. Setiap daerah tersebut tentunya mempunyai ciri khas tersendiri. Terutama dalam hal adat istiadat atau sosial budaya yang setiap harinya di gunakan dalam bermasyarakat. Budaya-budaya tersebut dapat di aplikasikan dalam bentuk dolanan (bermain) dalam dunia anak-anak. Tentunya di berbagai daerah terdapat bermacam-macam dolanan yang menjadi ciri khas daerah tersebut. Namun, tidak banyak dari anak-anak yang mengetahui jika dolanan yang mereka gunakan merupakan aplikasi dari ilmu-ilmu sains.

Selama ini saya hanya bisa meminta dan menuntut kepada negara namun belum bisa memberikan kontribusi yang besar untuk bangsa dan negara ini. Maka dari itu saya berniat untuk menjadi relawan sains dengan bergabung pada tim tersebut.

Hal itu membuat saya tertarik untuk tergabung dalam tim literasi sains. Karena saya teringat pada satu pepatah, “Jangan tanyakan apa yang negara berikan kepadamu tapi tanyakanlah apa yang  sudah kamu berikan kepada negaramu.” Selama ini saya hanya bisa meminta dan menuntut kepada negara namun belum bisa memberikan kontribusi yang besar untuk bangsa dan negara ini. Maka dari itu saya berniat untuk menjadi relawan sains dengan bergabung pada tim tersebut.

Meniup balon dengan senyawa kimia. Senyawa kimia diambil dari bahan obat-obatan yang dijual dipasaran (apotik). Ketika hendak membusa, segeralah lubang balong dipasang di

Salah satu daerah yang menjadi sasaran relawan tim sains kali ini adalah Kantor Kelurahan Cemorokandang, JL. Raya Cemorokandang, Cemorokandang, Sawojajar, Kedungkandang, Kota Malang. Kegiatan ini di ikuti oleh siswa/i SD dari berbagai kecamatan yang ada di kota Malang. Adanya tim ini bertujuan untuk memberikan pendidiikan literasi sains, dimana dalam setiap kegiatannya terdapat ilmu sains yang diaplikasikan dalam bentuk permainan-permainan. Tim ini terdiri dari 20-30 Mahasiswa dari berbagai Universitas yang ada di Malang. Mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut tergabung dari berbagai jurusan, yakni fisika, kimia, biologi, matematika, teknik, dan sebagainya.

Mengapa harus permainan yang diberikan? Bukan pelajaran atau rumus-rumus? Usia anak-anak merupakan tahapan dimana keaktifan anak sangatlah tinggi, mereka lebih suka bermain dari pada belajar. Maka dari itu relawan sains memberikan permainan yang sekaligus terdapat pembelajaran di dalamnya. Mereka akan merasa gembira dan tentunya pelajaran akan mudah dipahami dan diingat.

Adapun permainan-permainan yang di berikan kepada siswa/i sangat beragam. Di antaranya adalah Jeruk Bola, Sulap Air, Balon Ajaib, Roket Air, Rainbow Walking, Tata surya dan lain sebagainya. Setiap permainan tersebut adalah aplikasi dari ilmu-ilmu sains. Misalnya penerapan ilmu kimia yang terdapat pada permainan jeruk bola, bola tersebut pecah jika ditetesi dengan air jeruk, karena air jeruk mengandung zat asam dengan kadar yang sangat tinggi, sedangkan balon akan mudah pecah jika terkena zat asam yang tinggi.

Adapun penerapan ilmu fisika yaitu terdapat pada Rocket Air. Roket Air tersebut terbuat dari botol bekas yang kemudian diisi dengan air. Roket bisa terbang ketika dipompa, karena roket menerima tekanan dari pompa yang berupa gas dan mengakibatkan roket bisa terbang.

Sains melatih anak bereksperimen dengan melaksanakan beberapa percobaan, memperkaya wawasan anak untuk selalu ingin mencoba dan mencoba

Memindah cairan dengan menggunakan tissue. Sifat tissue yang mudah menyerah secara cepat, dia mampu memindahkan air dari satu lokasi ke lokasi lain. Selain sifat tissue yang mampu menggerakkan air, ia juga mampu mentransformasi warna. Permainan sains ini menimbulkan ketakjuban, rasa suka dan menjadi pengalaman baru yang mencerahkan. Kebahagiaan dan ketakjuban akan merangsang memori jangka panjang anak-anak bahwa sains adalah fakta yang menyenangkan dan dapat diamati fungsinya dalam kehidupan nyata. Apakah Bapak/Ibu guru telah membawa anak-anak pada ketakjuban ketika belajar sains?

Faktanya, Banyak manfaat yang bisa diperoleh jika anak sejak dini telah diperkenalkan dengan sains. Sains melatih anak bereksperimen dengan melaksanakan beberapa percobaan, memperkaya wawasan anak untuk selalu ingin mencoba dan mencoba sehingga sains dapat mengarahkan dan mendorong anak menjadi seorang yang kreatif dan penuh inisiatif.

Sains membiasakan anak-anak mengikuti tahap-tahap eksperimen dan tak boleh menyembunyikan suatu kegagalan. Artinya, sains dapat melatih mental positif, berpikir logis, dan urut (sistematis). Di samping itu, dapat pula melatih anak bersikap cermat, arena anak harus mengamati, menyusun prediksi, dan mengambil keputusan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here