Virus Lagi-Virus Lagi, Cara Membebaskan Komputer Biar Tak Rentan Kena Virus

Penulis: Mahfud Zamhari. Developer website, Mahasiswa Semester Akhir Informasi dan Teknologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

0
717

0Shares
0

Bingung komputer Anda sering ngadat karena virus selalu mampir ke komputer Anda. Data hilang dan pusing tujuh keliling, apalagi data itu adalah kekayaan bagi si pemilik komputer. Nah, berikut sejumlah tips sederhana yang membantu para pemilik komputer terbantu dengan mudah untuk mengatasi virus agar tidak sesering mampir ke komputer Anda. Anda lebih tenang dan mampu menjaga kekayaan Anda tidak hilang.

Kampusdesa–Merawat komputer ataupun laptop sebenarnya tidak sulit. Namun jika sudah berurusah dengan virus. Bikin kita sendiri emosi bahkan kita bissa dibuat jengkel dengan ditemukannya virus bersarang pada laptop atau PC kita. Kalau sudah begini ada aja langkah-langkah mereka yang berusaha untuk mengamankan komputer mereka, dari dengan cara install software antivirus sebanyak mungkin, bahkan sampai ada yang rela untuk install ulang OS dari laptop atau komputer yang telah terinfeksi virus.

Nah, bagi kalian yang sudah jengkel dengan keberadaan virus pada PC/laptop anda, berikut ini ada beberapa tips nih buat amanin PC/laptop anda dari virus :

Mematikan startup yang tidak dipakai

Startup adalah aplikasi yang pertama kali diload atau diaktifkan pada saat PC kta dihidupkan. Biasanya startup akan ditambahkans secara otomatis saat kita meng-install aplikasi yang berkaitan. Semakin banyak startup yang kita tambahkan maka potensi masuknya virus kedalam laptop kita lebih besar. Selain itu, semakin banyak startup yang kita pasang maka akan mengakibatkan laptop kita akan lemot dan lola (loading lama), hehe.

Berikut ini cara untuk mengurangi startup supaya laptop kita bisa berjalan lebih cepat dan bebas dari virus :

  • Pertama, silahkan tekan tombol windows + tombol R sehingga muncul kotak dialog input.

  • Setelah itu silahkan kalian kelikkan “msconfig” tanpa tanda kutip lho yaa. Akan muncul kotak dialog baru seperti gambar dibawah ini

  • Nah dari situ kita pilih submenu startup lalu kita klik ada teks berwarna biru yang bertuliskan “Open Task Manager,” dengan perintah itu kita akan memunculkan menu utama startup kiita

  • Pada gambar diatas adalah daftar startup yang terpasang pada laptop kita. Pada menu status akan kita jumpai 2 nilai disable dan enable, jika status berisi nilai enable maka itu indikasinya aplikasi tersebut selalu diload/diaktifkan pada saat pertama kali laptop kita dihidupkan. Langkah yang harus kita lakukan adalah dengan men-disablekan aplikasi yang sekiranya tidak kita perlukan, contohnya adalah “web companion” dengan mengklik aplikasi tesebut lalu kita klik tombol disable pada pojok kanan bawah. Ingat ya, diubah menjadi disable. Jika sudah selesai bisa kita tutup kotak dialog tersebut. Langkah selanjutnya adalah mematikan autoplay.

Mematikan autoplay

Autoplay adalah proses untuk membuka direktori dari sebuah partisi eksternal yang kita inputkan ke dalam laptop (misal: flashdisk, mcmemori, harddisk eksternal). Autoplay ini memuat perintah-perintah yang bisa kita lakukan ketika pertama kali kita menancapkan flasdisk. Nah, paling sering bahkan hampir semua virus pertama kali mendapat akses masuk untuk menyerang komputer kita melalui autoplay ini. Akan sangat efektif untuk mematikan autoplay untuk menghindari masuknya virus ke dalam laptop kita.

Nah berikut ini langkah untuk mematikan autoplay pada laptop kita, pertama kali silahkan anda buka menu control panel pada laptop kalian. Pada kotak pencarian pojok kanan atas silahkan kalian ketik “auto.” Sehingga pada bagian menu utama akan memunculkan sebagian menu yang terkait dengan kata auto, pada menu tersebut kita pilih menu paling atas yang bernama autoplay

Setelah kita klik menu autoplay maka akan menampilkan kotak dialog seperti dibawah ini. Nah, yang harus kita lakukan adalah kita hilangkan tanda centang pada bagian menu “Use Autoplay for all media and devices” lalu kita geser scroll pada ujung bawah menu dibawah ini lalu kita klik tombol save.

Mengurangi aplikasi antivirus

Banyak yang beranggapan bahwa dengan menginstall aplikasi antivirus sebanyak mungkin ke dalam laptop atau pc kita, maka laptop atau PC kita akan bisa terhindar dari virus. Padahal, jika kita tahu, terlalu banyak antivirus justru akan dengan mudah membuat laptop kita menjadi lebih mudah terserang virus.

Mengapa ? karena antar antivirus mempunyai sistem kerja yang bebeda dan sistem database list virus yang berbeda pula. Sehingga antar antivirus satu dengan antivirus lainnya mempunyai persepsi berbeda dalam menanggapi ancaman virus.

Saran saya, jika ingin memakai antivirus, gunakanlah antivirus jangan terlalu banyak, 1 atau 2 saja sudah cukup. Mengapa demikian ? karena sebenarnya pada windows yang kita pasang, sudah terpasang antivirus sendiri yang bernama defender.

Untuk pemilihan antivirus, saya tidak banyak merekomendasikan antivirus terbaik, karena pada dasarnya semua antivirus yang beredar merupakan antivirus yang baik. Jadi untuk pemilihan antivirus silahkan kalian pilih sesuai hati nurani kalian. Hehehe…

Itu tadi adalah langkah untuk mengamankan laptop anda dari serangan virus. Semoga bermanfaat untuk kalian semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here