Manfaat Kesehatan dari Ziarah dan Berwisata

SHARES
2.7k
VIEWS

Sudah menjadi rutinitas keluarga besar jika setelah lebaran kami pergi ziarah ke makam para Wali Songo, Waliyullah, dan para ahli sufi lainnya. Biasanya kalau untuk ziarah ke makam wali songo, yang paling dekat dan terjangkau adalah makam Sunan Gunung Jati yang memiliki nama asli Syekh Syarifuddin Hidayatullah, yang berlokasi di Cirebon, Jawa Barat.

Untuk rutenya masih sama seperti biasa, setelah dari Cirebon, aku dan keluarga besar segera meluncur ke tujuan berikutnya yaitu makam Waliyullah Syekh Abdul Muhyi yang berada di Tasikmalaya, Jawa Barat.

RelatedPosts

Sesampainya di sana kami langsung menuju tempat penginapan tanpa perlu mencari tempat, karena sudah sering berkunjung. Memang sejak awal turun dari bis, udara dingin sudah mulai kurasakan, sehingga rasa kantukku hilang. Tapi tidak dengan keluargaku yang langsung ganti baju dan tidur untuk persiapan esok pagi. Terlebih setelah keluar dari kamar mandi, aku sungguh tak dapat memejamkan mataku, padahal keluargaku sudah mulai memasuki alam mimpi yang ditandai dengan suara dengkuran.

Tanpa pikir panjang lagi, aku segera pergi ke masjid dimana jaraknya berdekatan dengan tempat penginapan. Ku dirikan sholat sunnah, berharap ku bisa lebih tenang, lebih berdamai dengan lingkungan baru, dan segera tidur.

Tepat pukul 06.00 WIB, aku dan keluargaku sudah siap untuk ziarah ke makam Waliyullah Syekh Abdul Muhyi. Disana ada banyak sekali rombongan ziarah dari berbagai daerah di indonesia.

Pulang dari pemakaman, aku dan keluargaku langsung menuju Goa Pemijahan yang memiliki nama lain Goa Safarwadi, terletak di desa Pemijahan Tasikmalaya, jawa barat. Untuk dapat ke Goa Safarwadi, kami harus melewati tanjakan dan turunan yang terjam. Berjalan menikmati suasana sejuk yang tak ada di kota, dimanjakan dengan indahnya pemandangan alam semesta, sambil bermesraan dengan keluarga inti dan sesekali mengambil gambar dan video guna mengabadikan momen.

Saat kaki sudah tak mampu melangkah, beristirahat lah. Maka aku dan keluargaku sesekali duduk di musollah di pinggir jalan yang kami lalui dan membeli aneka jualan makanan yang masih hangat. Selain itu, di sisi jalan ini pula banyak sekali yang menjual baju koko, mukena, tasbih, kolang kaling, baju bergambar Gua Safarwadi yang menjadi oleh-oleh para wisatawan mancanegara.

Fasabbih Bismirobbikal Adziim
Maka bertasbihlah dengan (menyebut) nama Rabbmu yang Maha Besar.

Seperti yang sudah diajarkan oleh Rasulullah SAW, saat perjalanan turun aku membaca tasbih “Subhanallah Walhamdulillah Wa Laailaha Ilallah Wa Allahu Akbar” dan berbeda saat menanjak, aku justru menyuarakan takbir “Allahu Akbar.. Allahu Akbar.. Allahu Akbar” ku ulangi begitu seterusnya sampai aku dan keluargaku tiba di Goa Safarwadi.

Menurut pemandu wisata, di Goa Safarwadi terdapat lorong yang dapat tembus menuju Banten, Cirebon sampai Mekkah. Di dalam Goa juga terdapat sumber mata air yang jernih seperti air zamzam, serta lekukan-lelukan bulat yang menyerupai peci. Kemudian kami di suruh untuk mencoba semua lubang tersebut yang menurut beberapa sumber, jika salah satu lubang~menyerupai kopiah haji~ yang pas saat berdiri, maka ia akan melaksanakan rukun Islam yang kelima yaitu pergi haji ke Baitullah di tanah suci Mekkah, insyaa Allah.

Dalam perjalan rihlal ziarah dan wisata kali ini, ada berberapa manfaat umum yang dapat diambil, di antaranya;

1. Meningkatkan rasa solidaritas.
  2. Mengukuhkan ukhuwah.
  3. Memperbaiki kembali kerenggangan ukhuwah.
  4. Membangun kebersamaan terhadap sesama.
  5. ‎Menjalin hubungan baru diantara para peziarah dan wisatawan.

Sedangkan manfaat khususnya adalah kesehatan jasmani dan rohani. Mengapa demikian? Ya, karena kita dapat melakukan berbagai macam kegiatan seperti jalan santai atau berlari kecil sesekali mengejar rombongan, yang mungkin ketika di kota sudah sibuk dengan urusan masing-masing sampai lupa untuk menyapa walau hanya say hello. Adapun manfaat rohaninya, rihlah bukan hanya menikmati panorama alam semesta saja, sebab jika niat karena Allah, apapun itu kan bernilai ibadah. Insyaa Allah. Selain itu, dapat meningkatkan kualitas iman yang di aplikasikan melalui akhlakul karimah dan lebih bertakwa kepada Allah SWT.

Zr. Runekaf. Tinggal di Tambun Bekasi dan saat ini sudah bekerja di Inhouse Clinic dan RSCM sebagai Perawat. Kesibukan lainnya sebagai Pendidik PMR di PPDA Cibitung. Admin Odoj G3527 F57. Pengusaha Paytren dan Milagros.