Melestarikan Permainan Tradisional Melalui Gerakan Inspirasi

0
255

Kelas inspirasi (KI) merupakan sebuah kegiatan inspirasi yang dilakukan dalam rangka berbagi pengalaman dan inspirasi melalui berbagai macam profesi. Gerakan di bawah naungan Indonesia Mengajar ini juga bisa dikatakan sebagai wadah berbagi pengalaman mengajar bagi mereka-mereka yang tidak memiliki latar belakang di bidang pendidikan. Kegiatan ini bukan suatu komunitas tertentu, tetapi sebuah gerakan yang bertujuan untuk membantu mengembangkan dan memajukan pendidikan di Indonesia.

KampusDesa–‘Giat Literasi, Raih Mimpi’, begitulah jargon yang diusung pada kegiatan Kelas Inspirasi Trenggalek (KIGA) tahun ini yang berlokasi di Kecamatan Bendungan. Memasuki tahun ke-5 pelaksanaan Kelas Inspirasi di Kabupaten Trenggalek ini memiliki keunikan tersendiri dibanding tahun-tahun sebelumnya, yaitu dengan mengusung tema Literasi. Hal ini tentu saja memiliki pertimbangan tersendiri, di mana literasi memang memiliki andil dalam proses pembelajaran siswa. Di samping itu, literasi sangat erat hubungannya dengan pertumbuhan minat baca dan peningkatan keterampilan serta pengetahuan. Alasan lain yang turut menjadi pertimbangan, tidak lain karena rendahnya minat baca di Indonesia, sebagai sarana mendukung gerakan literasi sekolah, dan sebagai gerakan yang bergerak dalam bidang pendidikan maka sudah seharusnya kita bersinergi bersama mendukung program pemerintah.

Kelas inspirasi (KI) merupakan sebuah kegiatan inspirasi yang dilakukan dalam rangka berbagi pengalaman dan inspirasi melalui berbagai macam profesi. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan berbagai macam profesi kepada para siswa, terutama di sekolah-sekolah yang dirasa masih memerlukan motivasi belajar demi menumbuhkan semangat belajar untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya.

Kelas inspirasi tidak hanya mengenalkan suatu profesi tertentu, tetapi juga disertai dengan pembelajaran tentang pentingnya sebuah karakter bagi setiap peserta didik.

Jika kita amati, akhir-akhir ini pendidikan kita sedang mengalami goncangan-goncangan yang luar biasa. Mulai dari permasalahan kurikulum, hingga pelaksanaan pengajaran ketika di lapangan. Hal ini tidak hanya memberatkan para siswa, bahkan juga memberatkan pelaksana pendidikan itu sendiri seperti  guru-guru yang berinteraksi secara langsung dengan para siswa. Oleh karena itu, kegiatan seperti kelas inspirasi perlu diadakan di setiap daerah. Kelas inspirasi tidak hanya mengenalkan suatu profesi tertentu, tetapi juga disertai dengan pembelajaran tentang pentingnya sebuah karakter bagi setiap peserta didik. Hal ini disebabkan ilmu tidak akan ada gunanya tanpa disertai dengan kepribadian dan akhlak yang baik.

Kelas Inspirasi juga bisa dikatakan sebagai wadah berbagi pengalaman mengajar bagi mereka-mereka yang tidak memiliki latar belakang di bidang pendidikan.

Selain beberapa alasan di atas, Kelas Inspirasi juga bisa dikatakan sebagai wadah berbagi pengalaman mengajar bagi mereka-mereka yang tidak memiliki latar belakang di bidang pendidikan. Sebuah gerakan yang berada di bawah naungan Indonesia Mengajar ini memang dikhususkan bagi para praktisi di luar pendidikan. Tujuannya tidak lain untuk membagikan pengalaman kepada para siswa sesuai dengan bidang yang digelutinya, di antaranya Direktur, Legal Bank, Peer Leader, MC, Pemandu Wisata (Guide), Ahli Laboratorium, Fotografer, Perangkai Bunga maupun profesi-profesi lainnya masih banyak lagi. Dengan demikian, para siswa tidak hanya mengetahui profesi-profesi yang ada pada umumnya saja seperti dokter, guru, polisi, pilot, dan lain sebagainya. Tentu saja hal ini bisa memberikan pengetahuan yang lebih bagi para siswa bahwa profesi sangat banyak macamnya.

Misalnya saja ketika kegiatan hari inspirasi yang diadakan oleh Kelas Inspirasi Trenggalek beberapa hari yang lalu, para panitia memilih daerah Bendungan sebagai tempat inspirasi tahun ini. Salah satu sekolah yang digunakan sebagai tempat inspirasi yaitu SDN 02 Botoputih. Memiliki siswa yang lumayan sekitar 71 siswa mulai dari kelas satu hingga kelas enam, membuat sekolah ini termasuk sekolah yang masih diminati masyarakat untuk menyekolahkan anaknya ke SDN 02 Botoputih, di samping SDN 04 Botoputih yang berjarak sekitar 100 meter dari lokasi walaupun kelas satu hanya memiliki empat siswa saja.

Jika diamati ketika hari inspirasi yang telah berlangsung hari senin tanggal 04 Februari 2019 kemarin, antusiasme tidak hanya dialami para siswa, bahkan juga para guru dan kepala sekolah ikut antusias berpartisipasi dalam kegiatan hari inspirasi tersebut. Kegiatan dimulai dengan upacara rutinan setiap hari senin, dilanjutkan dengan pengenalan kelas inspirasi serta pengenalan para relawan oleh koordinator relawan rombongan belajar (rombel) SDN 02 Botoputih. Opening hari inspirasi ditutup dengan ice breaking yang dilanjutkan dengan membentuk baris memanjang ke belakang setiap kelas, sembari bermain ular-ularan kemudian masuk kelas sesuai kelasnya masing-masing.

Kegiatan KI yang berlokasi di Kecamatan Bendungan dilaksanakan bukan tanpa alasan. Pasalnya, 14 kecamatan di Kabupaten Trenggalek yang belum pernah didatangi teman-teman KI, ada beberapa tempat yang belum pernah didatangi yaitu salah satunya Kecamatan Bendungan. Di samping belum pernah didatangi, pemilihan tempat di Kecamatan Bendungan dijadikan sebagai ajang promosi wisata baru seperti Dilem Wilis, sebagaimana pelaksanaan refleksi pasca Hari Inspirasi (HI)  yang berada tepat di depan wisata Dilem Wilis, serta kuliner khas Kabupaten Trenggalek yaitu Nasi Gegok.

Permainan Gobak Sodor

Kegiatan inspirasi yang memfokuskan pada permainan tradisional kali ini berlangsung sangat menarik. Menurut Aprilia selaku PIC KIGA, permainan tradisional dipilih berdasarkan pengalaman dari KIGA 4 tahun lalu bahwa ternyata banyak yang belum mengetahui permainan-permainan tradisional, terlebih lagi melihat zaman yang semakin berkembang dengan adanya Revolusi Industri 4.0. Sehingga, pengenalan terhadap permainan-permainan tradisional sangat diperlukan demi permainan tradisional tetap lestari dan tidak dilupakan seiring perkembangan zaman yang semakin pesat. Sebagaimana permainan tradisional yang dilakukan siswa-siswi SDN 02 Botoputih setiap harinya seperti permainan kelereng, gobak sodor, dan lain sebagainya.

Permainan Kelereng

Kegiatan inspirasi berlangsung sekitar kurang lebih lima jam, mulai pukul 07.00 WIB hingga 12.00 WIB. Kegiatan closing digunakan untuk menuliskan cita-cita dalam bentuk banner pohon cita-cita rombel SDN 02 Botoputih. Setelah rangkaian kegiatan inspirasi terlaksana, momen foto bersama dilakukan sebagai simbol yang menandakan bahwa seluruh rangkaian kegiatan hari inspirasi selesai.

Tidak akan ada lagi persepsi ‘anak itu tidak bisa’, karena setiap anak memiliki keunggulannya masing-masing dan dalam bidangnya masing-masing.

Kegiatan kelas inspirasi yang diadakan oleh beberapa daerah memang dikhususkan pada tingkat sekolah dasar, dengan pertimbangan bahwa penanaman karakter serta pengenalan profesi harus dilakukan sejak usia dini. Hal ini disebabkan masa kanak-kanak dirasa sebagai masa awal yang sangat penting dalam pengenalan terhadap lingkungan sekitar, cita-cita, bahkan dunia. Dengan demikian, para siswa bisa memilih bidang apa yang akan menjadi cita-citanya, serta kompetensi unggul mana yang sesuai dengan minat dan prestasinya. Sehingga diharapakan, tidak akan ada lagi persepsi ‘anak itu tidak bisa’, karena setiap anak memiliki keunggulannya masing-masing dan dalam bidangnya masing-masing.

Kelas inspirasi selalu menjadi kegiatan inspiratif yang diminati banyak kalangan dari berbagai macam profesi yang ada di Indonesia khususnya. Kegiatan ini bukan suatu komunitas tertentu, tetapi sebuah gerakan yang bertujuan untuk membantu mengembangkan dan memajukan pendidikan di Indonesia. Semua orang bisa bergabung, dari kalangan manapun bisa berkontribusi dan mendedikasikan dirinya dalam rangka membangun pendidikan Indonesia yang berkarakter. Pendidikan harus memberikan bekal yang tidak hanya unggul dalam bidang ilmu pengetahuan saja, tetapi juga unggul dalam berkarakter dan berperilaku.

Editor: Faatihatul Ghaybiyyah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here