Jago Public Speaking: 5 Tips Jitu MC OKTA

0
128

0Shares
0

Public speaking merupakan keterampilan yang banyak dibutuhkan di berbagai bidang. Entah bekerja dalam bidang apapun, kita dituntut untuk dapat berkomunikasi dengan baik. Sebab, sebaik apapun ide dan gagasan yang kita miliki, tentu tidak akan berkesan jika kita tidak dapat menyampaikannya dengan baik. Terlebih, ketika berbicara di depan banyak orang, kemampuan public speaking tentu sangat dibutuhkan.

Kampusdesa.or.id-Mungkin bagi Anda yang belum bekerja, atau yang saat ini masih berstatus sebagai pelajar sekalipun, akan dihadapkan dengan tugas yang menuntut Anda untuk menyampaikan gagasan di depan kelas, misalnya presentasi, memimpin rapat organisasi, atau bahkan memberikan pelatihan dan masih banyak lainnya.

Dulu, saya bukanlah orang yang berani berbicara di depan banyak orang, apalagi mengatur jalannya acara hingga melakukan negosiasi dengan beberapa pihak. Dengan ditulisnya artikel ini, saya ingin berbagi beberapa tips instan untuk menjadikan Anda menguasai ilmu public speaking. Berikut saya rangkum menjadi lima (5) tips, yuk dibaca tipsnya ..

Baca Juga: Memahami Medan Aura: Menuju Komunikasi Efektif

1. Kuasai Materi dengan Tulisan dan Gambar

Menguasai materi, dengan cukup membaca dan langsung menyampaikan di depan banyak orang tentu bukanlah hal yang mudah. Untuk itu buatlah tulisan yang berisi poin-poin pesan yang ingin Anda sampaikan. Tentu, masing-masing orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Saya lebih suka merangkum poin-poin tersebut dengan gambar yang lucu dan menarik, tujuannya adalah agar kita dapat melakukan improvisasi dalam penyampaiannya.

2. Berpenampilan Rapi dan Bersih

“Buatlah lawan bicara ataupun audience merasa nyaman, jangan sampai terganggu dengan aroma yang kurang sedap atau baju yang berkerut dan kotor.”

Beberapa orang mungkin akan mengganggap bahwa hal ini bukanlah hal yang terlalu penting. Namun, percayalah bahwa untuk menjadi seorang  public speaking kita dituntut untuk berbicara di depan banyak orang. Sehingga, buatlah lawan bicara ataupun audience merasa nyaman, jangan sampai terganggu dengan aroma yang kurang sedap atau baju yang berkerut dan kotor. Selain itu, dengan berpakaian rapi dan bersih tentunya akan dapat meningatkan rasa percaya diri ketika berada di depan orang banyak.

3. Mengenal Audience

Ada istilah “tak kenal maka tak sayang”, maka hal inilah yang juga berpengaruh pada kemampuan public speaking seseorang. Dari beberapa tips sebelumnya tentu juga dipengaruhi hal ini, ya “siapa Audience yang akan kita hadapi?”.  Kita harus mengenal apa latar belakang audience, kesukaan, hingga informasi apa yang mereka butuhkan. Dari hal ini kita akan mengetahui cara penyampaian yang menarik untuk disajikan kepada audience. Tidak cukup mengenal, kita juga harus mampu memahami, sehingga kata-kata yang kita sampaikan pun tidak sampai menyinggung perasaan audience.

4. Berbicara untuk Memberi

Hal yang saya terapkan ketika berbicara di depan banyak orang adalah bukan menggurui, tapi memberi. Nah, ini dia mindset yang harus tertanam ketika kita berbicara di depan orang adalah memberi, menyampaikan sesuatu hal yang baru, sehingga akan banyak diminati oleh audience. Dalam memberi dalam berbicara, tidaklah hanya sekedar memberi informasi atau ilmu pengetahuan, namun pakailah “hati”, dalami setiap pembicaraan dengan pendalaman. Percayalah, memberi dengan hati tentunya akan lebih menarik, begitu juga dengan berbicara.

5. Seni dalam Penyampaian

Nah, setelah memberi dengan hati, tentunya hal yang paling penting adalah seni dalam penyampaian. Seperti yang kita ketahui, ya, seni bukan hanya seni musik, seni tari, ataupun  seni lukis saja, melainkan juga ada seni dalam berbicara. Tanpa adanya seni dalam berbicara ini, dikhawatirkan informasi yang kita sampaikan akan terkesan membosankan.

Bagaimana seni dalam berbicara? “

Untuk menjawab pertanyaan ini, tentu akan ada banyak hal yang harus diperhatikan. Pertama adalah gunakan intonasi yang tepat dalam penyampaian. Hal ini penting, tentunya agar audience tidak bosan saat mendengarkan informasi yang kita sampaikan. Bayangkan ketika dalam suatu forum, pemateri menyampaikan informasi tanpa intonasi yang tepat, tentu audience akan cepat diserang rasa kantuk dan bosan. Selain intonasi yang tepat, pastikan juga artikulasi Anda jelas dan tidak terdengar menggumam. Intonasi ini tentu juga akan membantu audience untuk memahami maksud dan emosi yang Anda sampaikan.

Baca Juga: Pengalaman dan Pengetahuan (Being and Knowing)

Kedua, gunakan bahasa tubuh. Ya, dalam berbicara tidak sekadar berkata lho, coba gunakan gerakan tubuh dan juga ekspresi mimik wajah. Nah, dalam menggunakan gerakan tubuh ini tidak boleh berlebihan ya, harus tetap sejalan dengan apa yang akan kita sampaikan, dan hindari gerakan tubuh yang menunjukkan bahwa Anda sedang nervous. Dengan menggunakan gerakan tubuh ini tentunya juga membantu Anda untuk merasa rileks, dan tidak kaku saat berbicara.

“Dalam public speaking, audience merupakan bagian penting, sehingga Anda juga harus memberikan apresiasi dengan memberi pertanyaan-pertanyaan ringan”

Ketiga, adalah interaksi dengan audience. Ingat, ketika kita berbicara di depan banyak orang, kita tidak sedang berbicara sendiri. Gunakanlah kontak mata, ajak mereka berbicara dan menanggapi apa yang Anda sampaikan. Perlu kita ketahui, dalam public speaking, audience merupakan bagian penting, sehingga Anda juga harus memberikan apresiasi dengan memberi pertanyaan-pertanyaan ringan, tentunya pertanyaan yang dapat membangun ketertarikan audience kepada kita dan informasi yang akan kita sampaikan.

Nah, demikian beberapa tips seputar public speaking yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat. Selamat mencoba!

Penulis: Oktaria Ardika Putri, S.Si.,M.M (Dosen FEBI IAIN Kediri, MC (Master of Ceremony) , dan Pembicara)