• Call: +62 858-5656-9150
  • E-mail: [email protected]
Education Blog
  • Home
  • Artikel
    6 Jenis Konsentrasi yang Mempengaruhi Keberhasilan Belajar Anak

    6 Jenis Konsentrasi yang Mempengaruhi Keberhasilan Belajar Anak

    Semua Orang Adalah Guru Bagi Siswa Merdeka Belajar

    Semua Orang Adalah Guru Bagi Siswa Merdeka Belajar

    Media Sosial dalam Pembelajaran: Masih Relevankah Penolakan?

    Media Sosial dalam Pembelajaran: Masih Relevankah Penolakan?

    Mental Passenger, Problem Laten Dunia Pendidikan Kita

    Mental Passenger, Problem Laten Dunia Pendidikan Kita

    Pandemi COVID-19 Mampu Membangun Percaya Diri dalam Melaksanakan Belajar Dari Rumah

    Pandemi COVID-19 Mampu Membangun Percaya Diri dalam Melaksanakan Belajar Dari Rumah

    Korupsi Merajalela, Pendidikan Harus Bagaimana?

    Korupsi Merajalela, Pendidikan Harus Bagaimana?

    Peran Pemuda dalam Mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

    Peran Pemuda dalam Mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

    Menanya Ulang Tujuan Pendidikan Modern

    Menanya Ulang Tujuan Pendidikan Modern

    Mengenali Emotional Burnout dan Tips Untuk Mengatasinya

    Mengenali Emotional Burnout dan Tips Untuk Mengatasinya

    Trending Tags

    • Opini
      • Psikologi Hari Ini
      • Pendidikan Hari Ini
      • Refleksi
      • Gubuk Sastra
      • Sepak Bola
  • Agenda
  • Hari ini
  • Profil Kami
No Result
View All Result
Kampus Desa Indonesia
No Result
View All Result
Home Indonesia Menulis COVID 19

Grafoterapi ; Melatih Motorik Halus Anak-anak yang Memerdekakan Imajinasi

Iin Wahyuni by Iin Wahyuni
March 29, 2022
in Indonesia Menulis COVID 19, kuliah hari ini, Psikologi Hari Ini
203 2
0
Grafoterapi ; Melatih Motorik Halus Anak-anak yang Memerdekakan Imajinasi
Share on FacebookShare on Twitter

Dari diskusi hangat pada raker guru kemarin siang, pengalaman memulai pelajaran menjadi salah satu informasi pembelajaran. Diskusi demikian sangat bermanfaat untuk meningkatkan kreatifitas guru. Apalagi berdiskusi seputar pengembangan Grafoterapi untuk pembelajaran anak-anak PAUD.

Buku modul pembelajaran membaca dan menulis untuk anak-anak didik kami sudah lama siap. Sekarang saatnya mengupgrade para ibu guru nya yang akan memandunya. Merekalah yang akan berjuang di lapangan untuk mengajari anak-anak usia dini mengenal aksara dan mengembangkan kemampuan berbahasa.

Formula pembelajaran di dalam buku panduan jelas mengisyaratkan pelibatan secara sistematis aspek-aspek pembelajaran bahasa secara lengkap. Yaitu aspek pengamatan, aspek pendengaran atau menyimak, kemampuan berkomunikasi, pengembangan kosa kata serta motorik halus. Karena bahasa mencerminkan perilaku sekaligus tata krama, maka unsur pembiasaan akhlak mulia pun kami sertakan di dalamnya .

Dengan pencerahan berdasarkan teori ilmu grafologi saat ini, saya serasa memegang “Tongkat Nirmala.” Itu lho, bidadari baik hati yang suka membantu orang dengan tongkat saktinya dalam Kisah dari Negeri Dongeng di majalah Bobo. Untuk poin pembahasan penting dalam pertemuan saya dengan para guru saat itu, saya garis bawahi tentang keajaiban latihan motorik halus bagi pembentukan karakter anak usia dini. Jadi semacam melatih motorik halus anak sambil mengkode atau mengarahkan mereka pada perilaku yang baik dan ideal?

Bisa ya? Tanya mereka. Kenapa tidak? Grafoterapi tongkat saktinya. Jawab saya meningkatkan kadar kepo mereka.

Yah biar tidak kepo-kepo amat, sekalian saya pandu arah diskusi itu ke ujung dermaga tujuan pembelajaran kami 2 tahun mendatang. Saat itu perkembangan motorik halus/ kasar serta kemampuan kognitif mereka sudah semakin matang. Beberapa hal yang perlu kita ajukan:

Inginnya melihat anak-anak cekatan dalam berpikir dan bertindak atau slow respon?

Maunya anak-anak mudah bersosialisasi dan berbagi, atau malah tertutup dan egois?

Inginnya melihat mereka punya motivasi intrinsik tinggi, atau justru harus selalu didorong-dorong kayak mobil mogok kalau hendak maju?

Ingin anak-anak pandai mengelola uang jajannya atau boros tak terkendali?

Nah, biasanya diperlukan jurus-jurus pelajaran etika dan akhlak untuk mengarahkan anak pada nilai-nilai ideal tersebut. Ternyata, ada peluang besar untuk menuju perilaku yang positif itu dari moment melatih motorik halus ketika mereka belajar menulis di kelas? Dengan cara apa? Ya grafoterapi itu.

Grafoterapi bertujuan untuk mendapatkan perubahan yang spesifik untuk memperbaiki atau mengurangi, mengembangkan atau memperkuat karakter maupun sifat seseorang melalui perubahan tulisan tangannya.

Tulisan tangan adalah pesan pikiran bawah sadar seseorang yang tertuang di atas kertas melalui otot-otot dan saraf-saraf tubuhnya. Pun sebaliknya, seseorang dapat mengirimkan pesan pada pikiran bawah sadar melalui tulisan tangan. Grafoterapi bertujuan untuk mendapatkan perubahan yang spesifik untuk memperbaiki atau mengurangi, mengembangkan atau memperkuat karakter maupun sifat seseorang melalui perubahan tulisan tangannya. Ikhtiar yang dilakukan melalui grafoterapi tersebut selanjutnya akan menjadi respon otomatis dalam diri seseorang.

Grafologi. Teknik membebaskan anak dari pola. Berkarakter dan berdaya cipta

Dalam dunia pendidikan anak usia dini, guru adalah pelatih yang akan mengarahkan atau membantu secara sistematis anak didiknya sesuai dengan konsep dan tujuan yang telah ditetapkan. Bekal ilmu grafologi akan sangat berguna sebagai bekal mereka sehingga mereka tidak asal saja dan ngawur dalam memilih materi latihan untuk pembelajaran anak. Dengan pertolongan Allah, siang ini mereka akan paham, yakin dan penuh rasa percaya diri saat memutuskan untuk para anak didik mereka yang pintar, lucu dan polos itu:

Memilih tulisan baku dengan huruf cetak atau bersambung?
Menjaga keseimbangan 3 zona penulisan atau membiarkan anak-anak mengabaikannya?
Melatih ketelitian dalam penggunaan huruf kapital atau tidak?
Membiarkan anak membuat coretan di awal dan akhir kata atau mencegahnya?
Sebagai guru menggunakan komunikasi dengan tulisan yang dibubuhi emoticon atau tidak?

Dalam grafologi semua ada konsekuensi dan implikasinya. Sebagai guru tentu saja kita harus memilih yang terbaik untuk anak didik kita. Jadikan alat tulis mereka tongkat sakti yang akan mengantar mereka pada tumbuh kembang kepribadian yang lebih positif dan optimal!

Cemorokandang, 22 Juli 2018

Iin Takim Wahyuni. Praktisi Pendidikan Anak Usia Dini dan Certified Business Handwriting Analyst

Tags: grafologigurumetode pembelajaranPendidikan
Previous Post

Lorong Gelap Itu Bernama Autis (Bagian 2)

Next Post

Tiga Macam Gaya Piknik Perempuan Sibuk Di Ruang Publik

Iin Wahyuni

Iin Wahyuni

RelatedPosts

Gulat dengan Sang Profesor
Kuliah Desa

Gulat dengan Sang Profesor

by Mohammad Mahpur
October 1, 2022
0
169

KAMPUSDESA.OR.ID--Gulat dengan sang profesor kecil menjadi pengalaman bermain menarik waktu itu di sepah (sampah tebu hasil penggilingan). Masa kecil yang...

Read more
Keluar dari Efek Lampu Sorot
Psikologi Hari Ini

Keluar dari Efek Lampu Sorot

by Redaksi
April 8, 2022
0
98

Jiwa sosial itu layaknya sudah menjadi keterampilan “bertahan hidup” tingkat dasar yang perlu dilatih sebagai modal bagi manusia untuk disebut...

Read more
Kawula muda  bijaklah dalam bermelodi, karena musik itu sugesti
Opini

Kawula muda bijaklah dalam bermelodi, karena musik itu sugesti

by Maulana Arif Muhibbin
March 30, 2022
0
212

Ini tentang musik, sifatnya yang universal terkadang mereduksi pemikiran rasional. Lantas bagaimana dengan hal yang bersifat emosional? Bisa dibilang musik...

Read more

Discussion about this post

Archive Artikel

Most commented

Gagalnya Makalah sebagai Tugas Kuliah

Balewiyata-Unisma; Situs Toleransi Gereja-Pesantren di Malang

Waspadai Kandungan Boraks atau Garam Kuning

Balewiyata dan Gus Dur; Situs Toleransi Malang yang Perlu Dirawat

Rembug Komunitas; Gusdurian Malang Tawarkan Peluang Menjadi Aktifis Penggerak

Metode Pemberdayaan Imamah; Mengubah dari Sense of Budgeting ke Sense of Benefit

Kampus Desa Indonesia

Kampus Desa Indonesia

Jl. Raya Candi VI-C Gang Pukesmas No. 4 RT 09 RW 06 Karangbesuki, Sukun, Kota Malang

SK Menkumham No. AHU-01356.AH.02.01 Tahun 2016

Tags

Agenda (36) Aktual (7) Desa Giat (2) Desa Unggul (3) Dokter Rakyat (45) Gubuk Sastra (10) Hari ini (3) Indonesia Menulis COVID 19 (82) Kearifan Lokal (8) Kelas Ekoprinting (3) Kelas Motivasi (1) Kita Belajar Menulis (66) Kopipedia (5) Kuliah Desa (10) kuliah hari ini (2) Kuliah Terbuka (133) Layanan (9) Lifestyle (1) Magang (1) Ngaji Tani (18) Opini (317) Pendidikan Hari Ini (73) Produk (27) Psikologi Hari Ini (126) Refleksi (27) Sepak Bola (6) Uncategorized (147) Wacana (1) World (1)

Recent News

Gagalnya Makalah sebagai Tugas Kuliah

Gagalnya Makalah sebagai Tugas Kuliah

March 27, 2023
Balewiyata-Unisma; Situs Toleransi Gereja-Pesantren di Malang

Balewiyata-Unisma; Situs Toleransi Gereja-Pesantren di Malang

March 8, 2023

© 2022 Kampusdesa.or.id - Designed with 💕 RuangBit.

No Result
View All Result
  • Home
  • Artikel
    • Opini
      • Psikologi Hari Ini
      • Pendidikan Hari Ini
      • Refleksi
      • Gubuk Sastra
      • Sepak Bola
  • Agenda
  • Hari ini
  • Profil Kami

© 2022 Kampusdesa.or.id - Designed with 💕 RuangBit.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In