Ingin Tahu Bangunan Laboratorium Masa Depan ? Ini Lo Miniaturnya

0
142

“Ternyata mereka berada di kota Tishri, kota yang fantastis. Ilo memperkenalkan kota ini kepada mereka. Bangunan yang ada di sini berbentuk seperti balon besar dari beton yang disangga oleh tiang. Tidak tampak ada jalanan pun kendaraan seperti di bumi.” (dikutip dari Novel Bumi, Tere Liye)

Begitulah sedikit cuplikan setting novel Bumi karya Bang Tere. Saya membayangkan atau berandai-andai, akankah ada bangunan semacam itu di muka bumi kelak? Sesuatu yang mustahil memang, namun tidak ada yang tidak mungkin. Kita ketahui bersama, pada mulanya manusia memiliki angan-agan bisa terbang. Angan-angan itu toh akhirnya bukan produk mimpi di siang bolong.

Akhirnya dari pikiran manusia ini muncul rancangan pesawat. Saat ini terbukti manusia benar-benar telah menemukan dan membuat pesawat. Begitu pula dengan rumah masa depan yang di miliki oleh Klan Bulan dalam novel ini. Barangkali kita tertawa dan lucu memikirkannya, atau ah, itu sekedar novel. Apakah mimpi manusia bisa terbang dan melahirkan transportasi pesawat terbang seperti khayalan di waktu itu, tetapi sekarang menjadi kenyataan.

Beruntung aku memiliki kakak kelas yang suka mendesain bangunan. Dia adalah sahabat Fairuz Abadi yang saat ini akan memasuki semester kelima Jurusan Teknik Sipil di UNEJ. Nah, berhubung di story WhatsApp dia menginformasikan lagi butuh ide bentuk bangunan yang unik itu apa, aku langsung saja request desain bangunan milik Klan Bulan.

Yah, meskipun rada bisa dibilang gila, tetapi toh bukankah yang unik yang saat ini dicari? Ternyata tidak diragukan lagi, hasil desain sahabatku yang satu ini pantaslah diacungi jempol. Dalam beberapa jam berlalu ternyata desain bangunan yang saya ajukan telah rampung dibuat. Sehari kemudian pengembangan desain tersebut menghasilkan sebuah bangunan yang kemudian diberi label ‘Laboratorium Masa Depan.’

Apa Itu Laboratorium Masa Depan ?

Jika pada gambar utama postingan ini yang terlihat hanya bangunan berbentuk bulat dan ditopang dengan tiang, sangat terlihat penyangga bangunan tersebut tidak akan kuat. Lalu bagaimana jika bangunan utama tersebut terkena guncangan, apakah tetap akan kokoh kuat berdiri ? Pikir dipikir, kemudian muncullah desain yang kedua. Pada desain kedua terlihat adanya penambahan bangunan transparan pada bagian bawah bangunan yang mengelilingi tiang penyangga. Tujuan penambahan tersebut idak lain untuk memperkokoh bangunan dari ancaman guncangan sehingga tetap kokoh berdiri meskipun badai menghantam (heeee).

Gambar oleh Fairuz A Mahasiswa Arsitektur Universitas Negeri Jember

Selain itu, bangunan ini sesuai fungsinya sebagai sebuah laboratorium, bangunan ini ditambahi bangunan bawah tanah. Terlihat dalam gambar adanya penambahan tiang hingga di bawah permukaan tanah. Di sana kita temui juaga adanya bangunan serupa yang nampak ada di permukaan.

Secara harfiah terlihat bahwa ruangan di bawah tanah ini selain bisa dijadikan tempat rahasia dari laboratorium, juga memiliki fungsi utama menahan bangunan utama yang berada di permukaan agar lebih kokoh dan tidak mudah goyah akibat goncangan dari kondisi alam sekitar.

Kemudian terlihat pula adanya bangunan di samping bangunan utama yang menyerupai bukit. Bangunan ini memungkinkan untuk dijadikan rumah singgah pemilik Laboratorium karena tidak mungkin seorang Ilmuwan menghabiskan seluruh waktunya di Laboratorium. Tentu dia akan membutuhkan tempat istirahat dan juga melakukan aktivitas lainnya yang tidak ada sangkut-pautnya dengan penelitiannya di Laboratorium tersebut.

***

Bukankah pesawat terbang juga lahir dari sebuah khayalan belaka yang dianggap lucu atau terasing waktu itu? Boleh jadi iseng ini seperti khayalannya manusia bisa terbang tempo dulu itu. Kita tunggu bangunan mirip tersebut di masa mendatang, semoga menjadi kenyataan.

Karya ini sebatas iseng. Iseng menawarkan desain bangunan milik keluarga Ilo dari Klan Bulan dalam Novel Bumi. Setelah iseng tersebut kemudian muncul rancangan bangunan Laboratorium Masa Depan seperti gambar di atas. Bukankah pesawat terbang juga lahir dari sebuah khayalan belaka yang dianggap lucu atau terasing waktu itu? Boleh jadi iseng ini seperti khayalannya manusia bisa terbang tempo dulu itu. Kita tunggu bangunan mirip tersebut di masa mendatang, semoga menjadi kenyataan.

Tinggal kita menunggu waktu saja, beberapa puluh tahun kedepan akan ada ilmuwan, arsitek dan juga ahli teknik sipil yang akan merancang bangunan seperti itu dengan dilengkapi beragam fitur-fitur yang memudahkan kerj manusia.

Ketahuilah dalam setiap detik di dunia ilmu pengetahuan dan teknologi akan terus berkembang. Berbagai penemuan Ilmu-Ilmu Allah juga akan mengalami perkembangan yang begitu pesat. Tugas kita sebagai remaja muslim adalah mengaktualisasikan peran dan kemampuan atau skill yang kita miliki untuk kemudian menjadi sumbangsih bagi peradaban Islam Modern dan dunia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here