Memaknai Hari Pahlawan dengan Gerakan Satu Cinta Untuk Lansia

0
113
Gerakan sosial; Satu Cinta Untuk Lansia

0Shares
0

Kampusdesa.co.id–Lamongan, 10 November 2019 hari di mana bertepatan dengan Hari Pahlawan. Untuk mengenang jasa pahlawan Indonesia, tidak hanya melalui upacara atau bersinggungan dengan urusan perang karena menjadi pahlawan bisa dengan mencintai sesama yang membutuhkan bantuan. Pahlawan sejati tak pernah pamrih. Belajar dari perjuangan Pahlawan kita yang telah gugur dalam tugasnya. Mereka tidak pernah lelah dan tidak pernah takut memperjuangkan negeri ini. Hari itu sinergi-kolaborasi Divisi Kewirausahaan sebagai tim Fundrising dengan Divisi Sosial Lingkungan dan Masyarakat (Soslinmas) Diaspora Muda Lamongan bekerja sama dengan Kak Sugi Foundation mengadakan kegiatan bakti sosial, bernama “Satu Cinta Untuk Lansia”.

Gerakan ini diinisiasi berawal dari program Birthday Fundraising dalam rangka ulang tahun Diaspora Muda Lamongan yang pertama dalam rangka berbagi cinta untuk para lansia yang tidak mampu. Diawali dengan penggalangan dana (donasi) yang dikumpulkan melalui aplikasi online kitabisa.com dan donasi offline melalui rekening bendahara umum Diaspora Muda Lamongan, yang pada akhirnya terkumpul sebesar 3 juta rupiah. Dengan total donasi tersebut siap disalurkan kepada penerima bantuan sosial.

Hari itu juga bertepatan dengan Bulan Rabiul Awal (Maulid), yang merupakan bulan memperingati kelahiran Nabi Muhammad Saw. Salah satu bentuk mencintai Nabi Muhammad ialah dengan mengamalkan apa yang telah disunnahkan, yakni berbagi kasih, peduli dan materi kepada sesama yang kurang mampu. Kegiatan tersebut mendapat restu dari Kepala Desa baru Kendal Kemlagi, Bapak Iwan. Menurutnya jumlah lansia yang tersebar di Kendal Kemlagi cukup banyak dengan beragam kondisi dan latar belakang, “Ada yang menempati tempat tinggal yang tidak layak huni, ada pula yang tidak memliki keluarga inti, sehingga kesehariannya hanya sendiri, namun ada juga yang dirawat tetangga setempat”, jelasnya.

Siang itu, dengan pelukan matahari yang juga bahagia menyaksikan program ini. Kami enam orang pengurus Diaspora Muda Lamongan saling bahu-membahu membawa peralatan dan barang yang akan disalurkan untuk Mbah Si’ah. Menurut penuturan Elza Amelia Firdaus selaku koordinator lapangan penyaluran bantuan sosial ini yang sekaligus sebagai tetangga mbah Si’ah, beliau adalah salah satu lansia yang tidak mampu. Setiap harinya Mbah Si’ah dirawat oleh keluarga terdekatnya. Kondisi rumahnya cukup memprihatinkan, oleh kerena itu kami memilih Mbah Si’ah sebagai target utama dalam menyalurkan donasi tersebut.

Ketika kami datang ke rumahnya terlihat dari raut wajah Mbah Si’ah penuh bahagia. Donasi tersebut langsung diberikan oleh perwakilan Diaspora Muda Lamongan dan Kepala Desa Kendal Kemlagi. Mbah Si’ah sangat bersyukur dengan adanya bantuan tersebut dan semoga para donatur diberi kesehatan dan rezeki yang lancar. Sambil terbata-bata beliau menngucapkan doa untuk kami, khususnya pengurus dan anggota Diaspora Muda Lamongan agar semakin baik terutama dalam mengabdi dan berkontribusi di Lamongan.

Setelah menyalurkan donasi ke rumah Mbah Si’ah kami melanjutkan perjalanan ke rumah 5 lansia perempuan janda yang lainnya. Satu persatu kami datangi dan alhamdulillah berjalan dengan lancar. Kepala Desa Kendal Kemlagi mengucapkan terima kasih kepada Diaspora Muda Lamongan yang sudah turut prihatin dengan kondisi para lansia di Desa Kendal Kemlagi, untuk para donatur semoga rezekinya dilipat gandakan dan semoga acara “Satu Cinta Untuk Lansia” nantinya berjalan dengan lancar di desa-desa lainya. Dengan adanya program ini kami mengajak para generasi muda agar peka sosial, mau nimbrung berbagi cinta serta membuat para lansia tersenyum bahagia. Sejumlah nilai yang terkandung dalam kepedulian sosial dan peyebaran cinta kepada lansia hendaknya perlu direvitalisasi. Pasalnya, kepedulian sosial merupakan spirit dan warisan dari leluhur bangsa Indonesia.

Program ini sangat didukung oleh pemerintah Kota Kabupaten Lamongan untuk dilanjutkan dan terus dikembangkan lebih baik dan lebih tepat sasaran. Semoga kami keluarga besar Diaspora Muda Lamongan dapat terus mengadakan kegiatan positif seperti ini setiap tahunnya. Akhir kata, kami ucapkan terima kasih kepada seluruh donatur yang telah berdonasi, mendoakan, dan juga mendukung terlaksananya program ini dengan baik dan lancar. (Iin/Hsn)

 

*Berita ini dimuat juga di fanspage Diaspora Muda Lamongan.