Profil Kami

Kampus Desa Indonesia merupakan Lembaga Pendidikan Alternatif yang didirikan pada tanggal 17 Juli 2017 oleh para aktivis muda yang memiliki kepedulian dan cinta kepada Indonesia, adapun tujuan didirikan kampus desa Indonesia untuk mengajak para akademisi, praktisi, mahasiswa, pemerintah dan masyarakat untuk berkolaborasi menyatukan potensi, energi dan sumber daya yang dimiliki untuk membangun Indonesia dari Desa melalui pendidikan dan pelatihan, penelitian dan pendampingan kemasyarakatan.

Pendirian Kampus Desa Indonesia untuk merespon fenomena yang berkembang di Indonesia saat ini bahwa desa semakin di abaikan dan ditinggalkan sebagai faktor penting  dalam pengembangan Indonesia.  Padahal kalau di telisik secara mendalam, sebenarnya desa menyimpan aneka potensi dan kearifan masyarakat yang melahirkan warisan kehidupan dalam beragam pengalaman budaya. Sejumlah ilmu pengetahuan pun telah lahir dari proses kreatif masyarakat desa. Potensi itu mulai pudar ketika pengembangan desa menggunakan pendekatan pemaksaan penerapan kebijakan dan ilmu pengetahuan dari luar yang menyingkirkan proses kreatif, berbudaya dan tatanan ilmu pengetahuan masyarakat desa..

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 56 Tahun 2015 tentang kode data wilayah administrasi pemerintahan disebutkan bahwa jumlah desa dan kelurahan di Indonesia mencapai 83.184. Jumlah desa yang sedemikian besar tersebut tentu juga dibarengi beragamnya potensi dan permasalahan yang dimiliki oleh masing-masing desa dan keluraha. Untuk merangkum semua potensi yang ada di desa dan menyelesaikan masalah yang ada dibutuhkan pendekatan yang komprehensif, sistematik dan tidak abai terhadap potensi lokal yang ada di desa. 

Pendidikan diyakini cara yang tepat untuk menjawab tantangan di atas, akan tetapi telah diketahui bersama bahwa pendidikan di Indonesia ternyata masih belum ramah terhadap kebutuhan desa terutama pendidikan tinggi. Hal tersebutlah yang menjadi landasan utama berdirinya Kampus Desa Indonesia dalam merespon kebutuhan zaman melalui jalur pendidikan alternatif berbasis desa.

Terwujudnya Desa Indonesia Mandiri, Bermartabat, Berdaya Saing dan Berperadaban Tinggi melalui Ilmu Pengetahuan dan Kearifan Lokal

  1. Melakukan Penelitian dan Kajian Strategis pada potensi desa di Indonesia
  2. Melakukan pendampingan secara terus menerus, terukur dan profesional kepada masyarakat desa di Indonesia.
  3. Membangun jejaring dan melejitkan potensi desa bersinergi dengan desa lain, organ masyarakat, perguruan tinggi dan pemerintah.
  4. Membangun semangat kemandirian desa melalui usaha-usaha merawat dan mengembangkan pengetahuan desa untuk ketahanan mental masyarakat desa
  5. Menjembatani diseminasi ilmu pengetahuan dari desa untuk bangsa, baik skala lokal, regional hingga internasional atas hasil-hasil pembelajaran bersama.

Archive Artikel

Most commented