Turba Literasi, Seri Jitu Merensi Buku

0
397
Membaca kritis. Upaya menciptakan tradisi membaca perlu terus diupayakan, termasuk meresensi hasil bacaan

kampusdesa.or.id — Apa itu turba literasi, seri jitu meresensi buku? Berikut ini sebuah dedikasi (layanan di antara layanan dari kampusdesa) meningkatkan kemampuan membaca kritis konstruktif dan produktif. Kami mengupayakan para penikmat buku meningkatkan kemampuannya dalam mengembangkan narasi kritis untuk membantu orang lain tertarik mengakses pengetahuan berbasis buku. Upaya ini mendorong kapasitas generasi untuk mengolah informasi secara matang sehingga bisa kritis di tengah budaya post-truth.

Tips masuk koran nasional dan mandiri finansial

Membaca pasif memanjakan, membaca kreatif dan produktif mengayakan. Anda perlu tahu, sekali meresensi buku yang masuk koran, selain mendapat HR sebagai penulis, kita bisa lo mendapatkan dua buku dari penerbit.

Lumayan kan. Keuntungannya bisa mulai dari 50 ribu, 300 ribu, 500 ribu sampai dengan 1 juta. Belum lagi mendapat dua buku dari penerbit setara nilai 150 ribu. Total penghasilan setiap satu resensi dimuat di koran nasional akan mencapai Rp. 1.150.000,00. Bagi mahasiswa, bisa menyambung hidup selama dua bulan lo.

Mau tahu caranya?

Kampusdesa.or.id berkolaborasi dengan nggalek.co, berdedikasi akan membagikan tips menulis resensi buku kepada Anda.

Kami akan datang secara gratis, (setara dengan Rp. 2 juta, untuk jasa narasumber). Kami bebaskan untuk Anda sebagai nilai fellowship (beasiswa) literasi. Ini adalah wujud dedikasi kami untuk meningkatkan Literacy Intelligence (LI) sekaligus membiasakan cerdas kemandirian finansial. Beasiswa ini berlangsung dalam waktu terbatas. Segera manfaatkan kesempatan ini.

Para narasumber yang kami dedikasikan adalah orang yang berpengalaman. Kami bocorkan ya, selama masa mahasiswa, mereka adalah sosok yang mandiri finansial melalui berburu resensi buku.

Bagaimana caranya mengakses kesempatan istimewa dan langka ini?

Silahkan anda yang berminat mengumpulkan minimal 7 orang dan maksimal 20 orang. Nah, kordinatornya silahkan menghubungi kami, jika sudah mencapai kuota.

Setiap peserta wajib membawa resensi buku, maksimal 700 kata (boleh buku lama, tetapi disarankan memilih buku  terbaru agar langsung bisa dimentori masuk ke koran tertentu). Peserta akan diberi umpan balik agar resensinya layak dikirim ke media yang cocok.

Diutamakan setara SMA. Tidak menutup kemungkinan mahasiswa atau komunitas pecinta buku di seputaran Malang Raya. Untuk wilayah luar Malang Raya diberi ketentuan khusus.

Angkatan I: Anda bisa mengajukan kegiatan di ramadan ini. Maksimal 1 Minggu sebelum lebaran, minimal 7 orang dan masimal 20 orang

Siapa Nara Sumber Kita yang berpengalaman dalam resensi dan perbukuan?

Dr. Mohammad Mahpur, M. Si. Founder Kampus Desa Indonesia, ini berpengalaman resensi di Jawa Pos, opini Kompas, Resensi Media Indonesia dan blogging pada media daring. Sekarang lebih konsen pada penulisan serial di Majalah Lazis Malang, dan Koran Pendidikan. Berhasil mengorganisir beberapa kumpulan buku kompilasi lintas penulis dan sedang melanjutkan editing kumpulan tulisan dalam buku yang akan dijuduli, Pesantren Rakyat, tuturan desa inspiratif merintis pesantren dalam pusaran desa merah.

Alfin Mustikawan, M. Pd Founder Kampus Desa Indonesia, ini berpengalaman di opini Jawa Pos, media daring dan penulis tetap di media Inspirasi Pendidikan. Saat ini, Mustikawan juga terlibat pada jaringan muda bangsa yang bergerak dalam literasi buku. Pengalaman profesinya sebagai fasilitator jaminan mutu, sudah melanglang buana untuk melatih lembaga dalam meraih mutu.

Misbahus Surur, S. Si, M. Pd, Founder nggalek.co, ini berpengalaman di koran nasional, penulis buku, peneliti etnografi. Jelajah media koran cetak dan daring menjadikannya memiliki pengetahuan luas memrediksi kelolosan tulisannya baik dalam meresensi buku

Dr. Ngainun Naim, M. HI, Dosen IAIN Tulungagung (Pegiat literasi, penulis puluhan buku, berpengalaman untuk koran nasional, Kompas, Jawa Pos, dsb. Jejak kepenulisannya dapat ditemukan dari berbagai buku populer, buku referensi keagamaan dan juga pengelola jurnal ilmiah. Bakat menulisnya menjadikan tak lekang ditelan kesibukan. Coba googling, pasti Anda akan menemukan aneka jejak digital berupa tulisan lepas, ilmiah dan aneka kegiatan pelatihan dan narasumber kepenulisan di seantero negeri.

Abdur Rahim, Pegiat literasi yang mengorganisir para penulis dengan tema-tema pesantren dan agama. Sudah ada 5 buah buku yang berhasil dicetak melalui sentuhan tangan dinginnya dari berbagai kumpulan penulis yang berhasil diorganisir dari seantero negeri. Naskah yang dia raci selalu menjadi buku yang menarik dan bisa layak jual. Kemampuannya tidak lepas dari profesinya sebagai Menejer Naskah Intrans Publishing. Sosoknya tidak lepas dari ketak-ketik untuk penyuntingan ratusan buku. Selain profesinya, sosoknya juga rajin membuat halaqah di Lakpsedam NU Kota Malang, ISNU, dan pernah dipercaya menjadi penyiapan naskah gelar kepahlawanan KH. Masjkur.

Anda berminat! Dibuka sepanjang waktu. Cocok untuk menu liburan panjang. Yang penting minimal 7 orang dan sesuai ketentuan.

Silahkan menghubungi narahubung Arif di WA +6285334357405 <a href=”whatsapp://send?text=Hello+6285334357405″>Klik Hubungi Via WA</a>

kampusdesa.or.id