Tips Membuang Sedih Saat Cinta Bertepuk Sebelah Tangan

0
512
Kado Valinetin. Ilustrasi diambil dari www.gobear.com

Pernah jatuh cinta tetapi bertepuk sebelah tangan? Ya, barangkali yang membaca artikel ini bisa mendapat obat jiwa saat patah hati. Atau, sebelum patah hati terjadi, ada baiknya Anda perlu mengaca pada diri sendiri sehingga tidak terjebak pada cinta bertepuk sebelah tangan. Bolehlah jatuh cinta, sekali saja dan tak perlu pula patah hati karena cintamu bertepuk sebelah tangan. Timbang, ukur, dan pastikan Anda mencintai orang yang juga sama menyintai.

Kampusdesa.or.id–Dalam pergaulan di komunitas manapun, apapun bisa terjadi, termasuk tertarik dan jatuh cinta dengan lawan jenis. Alamiah, karena manusia jenis makhluk hidup yang dikaruniai rasa dan pada jangka panjangnya merupakan tahapan sebagai makhluk yang dapat mengembangkan keturunan alias berkembang biak.

Menempatkan ketertarikan atau jatuh cinta tetaplah perlu memperhatikan aturan aturan yang berlaku di masyarakat, seperti etika moral dan susila serta norma agama.

Belum tentu yang seseorang yang dicintai punya rasa yang sama, alias cinta bertepuk sebelah tangan.

Dalam batas-batas norma yang sudah ditaati, yang perlu dipertimbangkan pula adalah tertarik dan jatuh cinta kepada lawan jenis itu pada umumnya ingin dibalas, namun belum tentu yang seseorang yang dicintai punya rasa yang sama, alias cinta bertepuk sebelah tangan.

Saat cinta tidak berbalas maka kemungkinan akan sakit hati. Bagaimana agar sakit hati tidak berkepanjangan dan menimbulkan prilaku negatif semisal malas melakukan aktivitas hidup lagi bahkan sampai bunuh diri?

Psikologi Patah Hati

Patah hati itu, yang menyakitkan bukan karena ia kehilangan yang ia cintai, tapi harga diri, serasa tidak dihormati lagi, ada perasaan malu….”

Cuplikan kajian tesebut dapat diambil analisa bahwa bagaimana agar seseorang yang patah hati tetap merasa percaya diri dan tidak merasa harga dirinya jatuh.

Sakit hati, yang sakit adalah hatinya, tak seorangpun mengetahuinya, bedakan dengan sakit pilek, sakit gigi dam sakit -sakit fisik lainnya. Artinya, karena yang sakit tidak diketahui orang lain, maka hanya manajemen hatilah yang bisa menyembuhkan.

Kalau jiwanya lemah, mudah putus asa dan cenderung melukai diri, akan meninggalkan kesan bahwa memang yang bersangkutan bukanlah pribadi yang layak dicintai dan dikagumi,

Perlu diingat, seseorang nampak terhormat dan memiliki pribadi yang memukau kalau ia memiliki jiwa yang tangguh dan bijak dalam menghadapi situasi yang tidak ia inginkan. Pola pikir inilah yang mestinya dipegang oleh pemilik hati yang sedang patah hati. Kalau jiwanya lemah, mudah putus asa dan cenderung melukai diri, akan meninggalkan kesan bahwa memang yang bersangkutan bukanlah pribadi yang layak dicintai dan dikagumi, walhasil ia semakin tidak punya nilai di mata orang yang ia kagumi.

Jadi, ubahlah mind-set dari hati yang luka, menjadi jiwa yang tangguh dan pandai mengolah rasa di saat cinta tak berbalas, di situ akan tetap terjaga harga diri yang layak diperjuangkan dan dikagumi.