Tidak Perlu Kagetan pada Penawaran Investasi yang Menggiurkan

0
278

Dalam sebuah percakapan di pesan whatsapp, ada seseorang yang bertanya,

Pertanyaan : “Lagi rame tracto Pak, Pendapat pak Sigit pripun, Jawab saya, “Saya memilih tidak berpendapat.”

Tugas saya membekali semua dengan pengetahuan tentang keuangan dan bisnis, pola pikir yang benar dan sebagainya. Supaya yang akan datang tidak terjebak investasi bodong atau money game yang dibungkus segala macam seperti MLM, saham, asuransi, tabungan dan sebagainya.

Anda harus bisa dengan cepat mengenali ini money game atau bukan ketika di tawari. Untuk itu lihat arah uangnya kemana, kemudian kalau ada keuntungan itu masuk akal apa tidak orangnya ajak ajak kita, memangnya dia malaikat ? (lihat e book Membangun Jaringan dan Sistem hal 29)

Kalau bisnis atau investasi yang sudah diikuti sekarang dan sepertinya bau money game ya sudahlah namanya sudah terlanjur. Didoakan saja Anda masih di level level atas yang masih akan dapat uangnya karena masih dibutuhkan untuk promo. Tapi kalau sudah dapat ya jangan dimasukkan lagi. Sebaiknya digunakan untuk hal-hal baik karena di sana banyak uangnya orang lain yang tertipu dan mungkin nanti tidak mendapat haknya kalau dianggap sudah waktunya untuk dibubarkan oleh penyelenggara.

Dari obrolan saya dengan banyak orang di luar sana, umumnya mereka ngotot bahwa “ini bukan money game.” Ya tidak apa apa karena waktu yang akan berbicara.

Money game terbesar di dunia dilakukan Bernard Maddof. Didirikan tahun 1960 dan baru terbongkar tahun 2008. Klien nya hanya 4800 orang milyuner, tapi kerugian yg ditimbulkan 50 milyar dollar atau 650 Trilyun. Rahasia bisa berlangsung selama itu karena dikelola dengan hati hati dan hanya melibatkan keluarga sendiri. Penawaran investasinya pun eksklusif hanya diantara para milyarder yang sudah freedom. Sehingga tidak ada orang yg ingin ambil investasinya di tengah jalan karena mereka sebenarnya dudah tidak butuh uang.

Baru terbongkar ketika si anak akan diwarisi perusahaan itu dan bapaknya mengatakan, ” Sebenarnya tidak ada investasi apa apa. Saya membayar hasil investasi ke orang itu ya dengan uang mereka sendiri ditambah uang orang lain yang baru masuk.”

Anaknya lapor ke polisi karena tidak mau diwarisi masalah. Di tahun 2009 Maddof dihukum 150 tahun dan denda 170 milyar dollar.

Anaknya langsung memutuskan hubungan secara hukum dengan ayahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here