Solusi Guru dalam Menghadapi Tantangan Zaman Now

0
181

Revolusi teknologi dan informasi memapar seluruh jantung kehidupan manusia. Siapapun yang sudah menggengam gawai akan bergerak menjadi tubuh virtual, tubuh yang dimainkan kedalam narasi media sosial dan internet. Imajinasi dan laku orang bergeser menjadi dominan dalam komunikasi dunia maya, bahkan orang banyak melakukan penyerapan ilmu pengetahuan dan perubahan diri dari internet. Buku pelajaran dan guru dikalahkan oleh kekuatan kecerdasan artifisial bagi orang-orang yang cerdik memanfaatkan gawai. Lantas, apakah guru menyadari ketika pidato mereka di kelas akan semakin ditinggalkan muridnya dan buku-buku teks hanya diakui sebatas seremonial kelas dan ujian-ujian, sementara anak-anak telah melejit melampaui kelas dan teks-teks buku pelajaran dalam menguasai ketrampilan atau passionnya.

Ibarat pisau, jika digunakan oleh penjahat, bisa jadi digunakan sebagai alat untuk mengancam bahkan melukai orang lain. Namun jika digunakan oleh ibu di dapur, pisau sebagai alat bantu yang sangat penting dan sangat berguna untuk membantu mengiris dan memotong bahan makanan (sayur, bumbu, daging, dan lain-lain).

Seperti halnya itulah kemajuan dunia informasi dan teknologi saat ini. Internet dan media sosial ibarat pisau, jika digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab atau orang jahat, tentunya internet dan media sosial merupakan media yang sangat terbuka untuk berbuat jahat, misalnya melakukan penipuan, pencurian, penyebaran berita bohong (hoax), fitnah, pornografi, plagiat tulisan dan lain sebagainya.

Kemajuan teknologi yang kian tak terbendung inilah tantangan guru zaman now. Bagaimana seorang guru mampu mengatasi tantangan tersebut dan memberikan solusi terbaik untuk mengatasinya demi anak didiknya. Teknologi bukan untuk dihindari dan tidak digunakan sama sekali, namun justru bisa digunakan untuk pengembangan media pembelajaran dan dimanfaatkan untuk mencari ilmu pengetahuan dengan mudah, cepat dan praktis

Guru harus update perkembangan teknologi, karena dengan internet dan media sosial sangat berguna dan membantu dalam mengembangkan metode pembelajaran,

Guru harus update perkembangan teknologi, karena dengan internet dan media sosial sangat berguna dan membantu dalam mengembangkan metode pembelajaran, membuat media pembelajaran, mencari informasi tentang pendidikan, mengakses dan mengunduh buku-buku pendidikan dan tak kalah penting adalah bisa digunakan sebagai wahana promosi dan penyebaran ide-ide pendidikan dengan menuliskan ide/ pemikiran tulisan di media sosial agar dibaca oleh banyak orang.

Dalam zaman now, yaitu era globalisasi dengan keterbukaan informasi dan teknologi yang berkembang pesat dan tidak bisa dibendung lagi, mau tidak mau dan suka tidak suka sebagai guru harus mampu memanfaatkannya untuk hal dan tujuan positif dalam mencapai tujuan pendidikan. Di dalam menggunakan internet misalnya, salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah, guru bisa dengan mudah menemukan video-video pembelajaran yang dapat diunduh di youtube dan sesuai dengan materi yang diajarkan, kemudian ditayangkan kepada peserta didiknya di dalam kelas melalui LCD Proyektor.

Terutama guru tingkat dasar (SD/MI), yang masih berpikir kongkrit, video pembelajaran dan gambar-gambar pendidikan sangat berguna dan membantu siswa dalam memahami dan menyimpulkan materi pelajaran yang diajarkan oleh guru.

Sangat mudah dicari di dunia maya media-media pembelajaran, gambar-gambar pendidikan dan lain sebagainya, asalkan menyempatkan diri untuk mencarinya. Tinggal ketik nama video pembelajaran di youtube, akan keluar video yang kita inginkan, begitu pula dengan media gambar-gambar pendidikan, tinggal ketik di google saja. Terutama guru tingkat dasar (SD/MI), yang masih berpikir kongkrit, video pembelajaran dan gambar-gambar pendidikan sangat berguna dan membantu siswa dalam memahami dan menyimpulkan materi pelajaran yang diajarkan oleh guru.

Asalkan guru mau menyempatkan waktu untuk mencari dan mengembangkan ide yang bertebaran di internet, pasti bisa dimanfaatkan dengan baik dalam upaya mengembangkan pendidikan. Selain itu internet dan media sosial dapat digunakan sebagai ajang promosi dan iklan gratis berbagai kegiatan yang telah dilakukan oleh guru dengan berbagi foto-foto dan video-video kegiatan yang telah dilakukan oleh guru.

Kemudian apabila guru mau menuliskan kegiatan inovasi pendidikannya tersebut dalam artikel atau Karya Tulis Ilmiah (KTI) bisa dibukukan sehingga akan mendapatkan nilai angka kredit yang bisa digunakan sebagai penghitungan nilai kenaikan pangkat atau bisa juga diikutkan lomba inovasi pembelajaran guru yang sering diadakan oleh Kementerian Pendidikan maupun instansi-instansi yang lain. Siapa tahu bisa menang dan diberi kesempatan presentasi dan berbagi ilmu kepada guru-guru yang lain. Sehingga bisa lebih bermanfaat dan memberi inspirasi bagi bagi banyak orang. Yang juga sebagai bentuk pengamalan Hadist yang diriwayatkan dari Jabir berkata,”Rasulullah Shallallahualaihiwassalam bersabda,”Sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia.” (HR. Thabrani dan Daruquthni). Insyaallah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here