S3 dan Profesor, Amanah yang Segera Ditindaklanjuti

0
108
Pelantikan Dekan FKIK dan sejumlah Ka Jur dan Kaprodi Unismuh, Makassar

Setiap tugas baru selalu ada tantangan baru. Tidak bisa dipungkiri, jabatan hanya sebagai peluang duduk dan berpindah status kelembagaan. Apalah artinya manakala tidak melahirkan perubahan. Menjadi pemimpin yang dilantik adalah tantangan dalam melanjutkan jejak sholih sebelumnya dan tantangan untuk perbaikan lebih lanjut.

Kampus Desa, Makassar, –- “Sebagai pejabat struktural tertinggi, haruslah mendukung para dosen di Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar untuk segera mencapai jabatan fungsional tertinggi (yakni: profesor) dan mendapatkan pendidikan tertinggi (yaitu: S3),” demikian amanah Prof Dr H Abdul Rahman Rahim SE MM, Rektor Unismuh Makassar, saat memberikan sambutan dalam kegiatan Pelantikan Dekan FKIK dan tiga Kaprodi di Unismuh Makassar di depan sekitar sembilan puluhan hadirin. Para peserta datang berbekalkan undangan menghadiri pelantikan Nomor 0608/05/A.1-II/VI/40/2019 tanggal 11 Juni 2019 M.

Rektor menyatakan bahwa terkait Pakta Integritas, berat dan banyak sekali hal yang harus dilakukan oleh pejabat yang baru saja dilantik. Keluarga sebaiknya memaklumi kalau jam (kebersamaan – red.) di rumah menjadi berkurang. Prestasi mahasiswa perlu menjadi perhatian, terutama IPK dan masa studi. Bekerja haruslah mempersembahkan yang terbaik. Riset dan pengabdian masyarakat harus dijalankan dosen dan mahasiswa. Ada banyak sumber dana eksternal maupun internal. Berbagai sumber pendanaan tersebut sebaiknya dimanfaatkan untuk mendukung Pakta Integritas. Perlu peningkatan sumber daya, baik sumber daya manusia maupun sumber daya sarana prasarana.

Dalam bidang pembinaan kemahasiswaan, mahasiswa haruslah inovatif, kolaboratif, produktif, cerdas, beretika, berakhlak mulia, memiliki soft skills, dan kemandirian di bidang enterpreneurship. Di bidang Al Islam Kemuhammadiyahan, perlu segera merealisasikan visi dan misi Muhammadiyah. Salah satu indikator nyata adalah masjid tumpah ruah di waktu sholat. Maksudnya, saat waktu sholat tiba, masjid di Unismuh dipenuhi ribuan dosen, mahasiswa, dan civitas akademika Unismuh Makassar. Kapasitas masjid sekitar empat ribu jamaah.

Rektor Unismuh juga menjelaskan beberapa indikator keberhasilan pemimpin di Unismuh Makassar. Pertama, berhasil menciptakan masyarakat madani nan Islami. Kedua, kebersinambungan kegiatan Tahsinul Quran. Maksudnya, minimal tiga hari dalam seminggu terdengar lantunan ayat-ayat suci Alquran. Ketiga, tercipta budaya saling menebarkan salam dan mendahului untuk memulai mengucapkan salam. Keempat, menciptakan civitas akademika yang tidak merokok. Hal ini perlu dimulai dari pimpinan, termasuk para dekan. Kelima, sampah tidak berserakan. Sampah dapat ditemukan hanya di tempatnya, karena kebersihan sebagian dari iman. Keenam, enterpreneurship.  Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan sangat berpotensial dalam hal ini. Misalnya mendirikan rumah sakit dan klinik-klinik pengobatan. Di luar negeri, perguruan tinggi yang memiliki fakultas kedokteran, maka pendapatannya 70-80% berasal dari pengelolaan dana rumah sakit.

Pakta Integritas

Ada delapan Pakta Integritas tertanggal 14 Juni 2019, yang dinyatakan oleh dekan dan para Kaprodi selaku pemegang amanah. Pertama, menjalankan amanah dengan integritas tinggi, secara profesional, dengan jiwa enterpreneur yang menjadi budaya organisasi yang di bangun di Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar. Kedua, menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya untuk mewujudkan lima program strategis Unismuh, yakni: meningkatkan kualitas seluruh produk Unismuh, meningkatkan kualitas sumber daya Unismuh, meningkatkan pembinaan kemahasiswaan dan alumni, meningkatkan pengkajian dan pengamalan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, meningkatkan kualitas dan kuantitas kerjasama. Ketiga, bersedia meningkatkan capaian program strategis berdasarkan Indeks Key Performance Indicator tahunan setiap satu tahun sesuai masa jabatan.

Keempat, bersedia secara bersama-sama membangun budaya organisasi, yaitu: integritas, profesional, dan enterpreneurship dalam menjalankan amanah Unismuh. Kelima, bersedia dan mengajak warga Civitas Akademika lainnya untuk melaksanakan sholat berjamaah di masjid kampus Universitas Muhammadiyah Makassar dan mengikuti Tahsinul Qira’ah sesuai jadwal di unit masing-masing. Keenam, bersedia mengampu mata kuliah maksimal 8 SKS per semester dan membimbing. Ketujuh, bersedia mengundurkan diri dari jabatan apabila tidak dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan amanah. Kedelapan, bersedia memantau, mengawasi, mengontrol, dan membina dalam kaitannya dengan perilaku mahasiswa. Pakta Integritas ini telah dinyatakan dengan penuh kesadaran dan kesungguhan hati tanpa ada paksaan dari siapapun juga untuk dipertanggungjawabkan di hadapan Allah SWT.

Pejabat yang Dilantik

Berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Muhammadiyah Makassar Nomor: 057, 058, 059, dan 060 Tahun 1440 H/2019 M tentang Pengangkatan Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Ketua Program Studi Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Ketua Program Studi Kebidanan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Ketua Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Makassar, maka ada empat pejabat dilantik di kegiatan yang dimulai pukul 16.00 WITA dan berlangsung sekitar 100 menit itu.

Mereka adalah dr H Mahmud Ghaznawie PhD SpPA(K) sebagai Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan masa bakti 2017 – 2021, Ratna Mahmud Skep Ns MKes sebagai ketua program studi keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan masa bakti 2019 – 2022, Daswati Ssi IT MKeb, ketua program studi kebidanan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan masa bakti 2019 – 2022, Muhyiddin AM Hayat S Kom MT ketua program studi teknik informatika Fakultas Teknik masa bakti 2019 – 2022.

Keputusan tersebut ditetapkan di Makassar dan berlaku sejak tanggal 10 Dzulqaidah 1440 H/23 Juli 2019 M,  dengan ketentuan apabila kemudian hari ternyata terdapat kekeliruan dalam surat keputusan ini, akan diadakan perubahan dan perbaikan sebagaimana mestinya.

Nasihat untuk Pejabat

Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Dr Ir HM Saiful Saleh MSi, juga memberikan beberapa nasihat untuk empat pejabat yang baru dilantik. Perlu kerjasama tim untuk membangun Unismuh. Penentu kecepatan tim adalah mereka yang paling lemah, bukan mereka yang terkuat. Pelajarilah formasi burung yang sedang terbang.

“Milikilah qanaah, yakni rasa menerima. Implementasinya adalah rasa syukur. Teruslah berusaha melakukan peningkatan, terutama dalam hal kebaikan. Bersikaplah wara’. Artinya, terus waspada dan berhati-hati. Waspadailah godaan duniawi. Sekarang ini, kejujuran adalah barang langka. Semakin orang tidak mau jujur, semakin detail poin-poin Pakta Integritas dirumuskan,” nasihat pria kelahiran Parepare, 5 Maret 1960.

Kegiatan yang berlangsung di Aula kedokteran lantai 1 Unismuh Makassar itu berlangsung dengan tenang dan khidmat. Di akhir acara, para hadirin antusias bersalaman dengan para pejabat yang dilantik dan berswafoto bersama mereka. (dr Dito Anurogo MSc – dosen FKIK Unismuh Makassar, peserta kegiatan pelantikan, dokter literasi digital, penulis puluhan buku)

SHARE
Previous articleNgece Pahlawan Devisa
Next article“Jajanan Sembarangan”, Sebuah Telaah Psikologis
dr. Dito Anurogo, M.Sc., adalah dokter literasi digital, penulis 20 buku, dosen FK Unismuh Makassar, memiliki sertifikasi sebagai wartawan muda dari Persatuan Wartawan Indonesia, penulis 20 buku dan lebih dari 333 manuskrip terpublikasi). Anda bisa konsultasi kesehatan dengan mengirim pertanyaan seputar kesehatan ke WA +62 858 5656 9150 dengan cara : ketik DokterRakyat | tuliskan pertanyaan secara jelas. Diakhir kalimat tutup dengan format [kampusdesa.or.id]. Jawaban akan dimuat di Dokter Rakyat