Reaksi Manusia pada Perubahan

0
253

Secara alamiah, reaksi setiap orang pada perubahan adalah menolak. Setelah itu dia akan memberi perlawanan, membantah hal hal baru yang dikemukakan orang.

Sebagian besar orang berhenti di sana dan tidak berubah, bahkan menjadi semakin yakin bahwa yang dijalaninya itu benar. Meskipun dia melihat bahwa orang orang yang melakukan seperti yang dia lakukan sekarang itu hidupnya tetap begitu begitu saja, dia tidak peduli. “Itu orang lain, saya beda karena punya kemampuan yang berbeda”.

Sebagian kecil ada yang kemudian melakukan eksplorasi. Sebagian besar yang melakukan eksplorasi ini salah bertanya. Dia bertanya kepada orang orang yang gagal atau cari info di internet. Kebanyakan orang gagal akan menyalahkan siapa saja kecuali dirinya sendiri. Kebanyakan tulisan di internet ada dua macam yaitu iklan/promosi tentang hal-hal baru dan berita negatif tentang hal hal baru. Dua duanya bias.

Mereka yang mencari informasi dengan benar, akan mengambil keputusan menerima. Setelah semakin mengerti tentang apa yang dihadapi dan yakin bahwa hal itu benar, maka dia akan mengambil komitmen.

Perjalanan hidup seperti grafik itu berlaku pada siapapun dan bidang apapun. Entah perubahan agama, kepercayaan, politik, keuangan bahkan untuk menjadi teroris juga melewati fase itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here