Puasa dan Pengembangan Diri (1)

0
50
puasa, menyehatkan
puasa ramadhan

0Shares
0

Salah satu hikmah disyariatkannya ibadah puasa di bulan Ramadan adalah supaya manusia mampu meningkatkan kualitas dirinya menjadi pribadi yang muttaqin. Pribadi yang mampu menjadi sebenar-benar hamba dengan menjalankan segenap perintah dan menjauhi semua larangan-Nya. Puasa menjadi media yang efektif bagi manusia untuk mengembangkan dirinya.

kampusdesa.or.id-Nelson Mandela pejuang hebat dari Afrika Selatan menulis, “Education is the great engine to personal development.” Artinya, pendidikan adalah mesin besar untuk pengembangan personal. Pada tataran seorang hamba Tuhan, dalam menjalani ibadah puasa Ramadan, mesin besar penggeraknya adalah proses untuk menjadikan proses belajar, sebagai bagian dari proses pendidikan keagamaan atau non keagamaan, agar terus tumbuh dan berkembang.

Guillemet-04 - VeillĂ©es pour la Vie“Muhasabah Ramadan merupakan tanggung jawab pribadi untuk belajar melalui proses asesmen, refleksi, dan action

Setiap hari kita sebagai hamba-Nya harus terus berusaha memperkuat volume silinder tenaga kuda (horse power) mesin diri untuk meraih rida-Nya. Salah satu caranya adalah dengan istikamah melakukan muhasabah di bulan puasa ini. Muhasabah Ramadan merupakan tanggung jawab pribadi untuk belajar melalui proses asesmen, refleksi, dan action. Pertama, untuk secara kontinyu melakukan pemutakhiran skills selama Ramadan. Kedua, menentukan arah skilsl dalam menyongsong masa depan.

Lalu, bagaimana caranya?

Pertama, paper and pencil career tests, setiap hari harus mengikuti program komputer untuk menganalis skills jurnalistik kita.

Kedua, log artinya selama bulan Ramadan seyogyanya kita memelihara arsip literasi (maintain a learning log or diary)

Ketiga, develop a personal development, mengidentifikasi kebutuhan belajar selama bulan Ramadan.

Baca Juga: Peluang Ramadan di Saat Corona Melanda

Keempat, career direction adalah mencari mentor dan tempat sharing dalam mengembangkan dirinya selama bulan Ramadhan.

Kelima, become involved in professional organization adalah melibatkan diri dalam keorganisasian bulan Ramadhan sehingga menjadi hamba yang unggul.

Keenam, reading the professional journals and educational magazines, adalah memperkaya literasi dengan membaca jurnal profesional dan majalah pendidikan yang ada korelasinya dengan pendidikan bulan suci Ramadhan.

Oleh sebab itu, jangan sampai puasa bulan suci Ramadan ini dijadikan alasan untuk tidak mengembangkan diri. Sebab, sejatinya bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh barokah dan muhasabah.