Pentingkah Mengetahui Karakter Anak?

0
86

Ayah Shalih dan Bunda Shalihah, dalam keseharian, sering kali saya didaulat untuk membersamai acara-acara parenting. Mulai dari acara parenting di sekolah tempat anak-anak saya menimba ilmu, sekolah tempat anak-anak teman atau sahabat menimba ilmu, sampai Play Group, TK yang sudah mengenal saya. Namun bukan hal ini yang ingin saya sampaikan, melainkan tentang request (permintaan) mereka untuk menganalisa karakter anak. Antusiasme mereka dalam pengenalan dan pemahaman karakter anak rupanya cukup tinggi.

Hal ini membuat saya salut sekaligus bangga dan terharu. Mengapa? Karena antusiasme itu menandakan bahwa orang tua peduli dengan karakter anak. Peduli, dan menempatkannya pada posisi penting. Baiklah, izinkan saya mengajukan satu pertanyaan, pentingkah orang tua mengetahui karakter anak?

Jawabannya adalah penting.

Mengapa penting?

Karena dengan mengetahui karakter anak, ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh orang tua:

  1. Bisa menerapkan pola 3A (Asah, Asih, Asuh) terhadap anak dengan lebih tepat karena dapat menyesuaikan dengan karakternya.
  2. Dapat menentukan bakat anak, sehingga orang tua tidak keliru dalam menyalurkannya.
  3. Dapat menghindari konflik dengan anak, karena orang tua bisa lebih ngemong dalam mendidik, membimbing dan membersamai anak.

Sedangkan keuntungan bagi anak:

  1. Terhindar dari konflik, tekanan dan pemaksaan sehingga mendapatkan kesejahteraan batin.
  2. Dapat membangun harga diri dan percaya diri yang kuat.
  3. Dapat membangun bakat yang akan sangat bermanfaat bagi prestasi hidupnya.

Nah, demikianlah beberapa hal penting yang dapat saya sampaikan tentang penting atau tidaknya mengenali dan memahami karakter anak. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi reminder bagi kita.

Mengenai karakter itu sendiri, sebenarnya adalah watak dari kedua orang tua yang diturunkan kepada anak. Sementara watak adalah sifat khusus yang muncul dalam perilaku. Misalnya: Tertutup, pendiam, temperamental.

Nah, Ayah Shalih dan Bunda Shalihah, mari kita coba mengenali dan memahami karakter anak dari watak kita, yuk? Selamat mencoba!

Sleman, 21 Januari 2018
Humairah Samudra. Penulis yang juga anggota Indonesia Menulis Online. Saat ini bersama anggota group yang berafiliasi di whatsapp sedang mengerjakan proyek menulis bersama tentang Cerita Anak.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here