Penjelasan Sederhana Sekitar Literasi

0
94

Pagi dihiasi rintik hujan di Sleman. Apa kabar kalian di sana? Semoga senantiasa dalam naungan cinta dan kasih sayang Allah. Aamiin Yaa Allah.

Jadi, pagi tadi saya kembali merenung tentang sebuah kata, literasi. Apakah sebenarnya literasi itu? Dan apakah literasi hanya tentang menulis semata?

Literasi adalah kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis.

Literasi juga dapat diartikan sebagai kemampuan ‘melek’ huruf (aksara) yang di dalamnya meliputi kemampuan membaca dan menulis. Jadi, literasi mencakup ‘melek’ visual, yaitu kemampuan untuk mengenali dan memahami ide-ide yang disampaikan secara visual (video/gambar).

Menurut NIFL (National Institute for Literacy), literasi adalah kemampuan individu untuk membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan dalam pekerjaan, keluarga dan masyarakat.

Sedangkan menurut EDC (Education Development Center), literasi lebih dari sekedar kemampuan baca tulis. Literasi adalah kemampuan individu untuk menggunakan segenap potensi dan keterampilan (skills) yang dimiliki dalam hidupnya. Dengan pemahaman bahwa literasi mencakup membaca kata dan dunia.

Nah, dari berbagai pengertian di atas, dapat kita ambil kesimpulan bahwa literasi adalah kemampuan memahami informasi dalam membaca, menulis dan segala proses yang terkait di dalamnya. Seperti berbicara, berkomunikasi, menghitung, mengukur, menggambar, sosialisasi dan memecahkan masalah.

Alhamdulillah. Semoga tulisan sederhana ini bermanfaat, ya?

Oh iya, ingin Anak-anak Negeri sadar literasi? Aktifkan literasimu dan ajaklah mereka!

Tidak harus dengan menulis atau membaca saja, tetapi bisa juga dengan role playing (bermain peran), bercerita atau simulasi problem solving. Bersemangat!

Sleman, 20 Januari 2018
Humairah Samudra. Penulis yang juga anggota Indonesia Menulis Online. Saat ini bersama anggota group yang berafiliasi di whatsapp sedang mengerjakan proyek menulis bersama tentang Cerita Anak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here