Pendidikan yang Memanusiakan Bukanlah Mitos

2
206

Judul : Pendidikan yang memanusiakan bukanlah mitos
Penulis : Kentar Budhojo, dkk
Tahun terbit : 2018
Tebal : 201 halaman
Harga : Rp. 60.000,- (Belum Ongkir)


CITA-CITA PERUBAHAN pendidikan yang memanusiakan seperti idea yang tidak pernah ketemu wujudnya di dunia nyata. Perubahan kurikulum dari waktu ke waktu seperti utopia yang jejak buminya rasanya sulit dicapai, apalagi perubahannya selalu diliputi oleh politik pendidikan yang terkesan menjadi komoditas politik kekuasaan. Sementara kepentingan dasar pendidikan selalu tereduksi oleh kerumitan tarik ulur kepentingan para pemangku kebijakan dan pelakunya.

Pendidikan terseret menjadi wicara administratif, bahkan gurunya akhirnya tersandera oleh pekerjaan administratif, sehingga tujuan kembali ke siswanya sebagai manusia-pun acapkali dinomerduakan. Belum lagi cara belajar yang seperti disampaikan oleh Paulo Freire, pendidikan gaya bank masih menjadi habitus (kelaziman). Anak seperti bank yang digunakan untuk menampung pengetahuan melalui pengerjaan tugas-tugas terstruktur dan kemampuan menghafal murni sehingga mereka banyak kehilangan kesempatan melakukan refleksi, reproduksi dan bahkan kesempatan untuk mencipta berbagai produk pemikiran mereka.

Buku ini adalah rangkaian menyambut gelar refleksi pelaksanaan pendidikan yang memanusiakan. Ditulis dari praktisi pendidikan yang boleh disebut, non-mainstream. Mereka telah berhasil dan tentunya terus berproses untuk mengorganisir perubahan pendidikan yang memanusiakan di setiap satuan wilayah kerja mereka. Pendidikan yang memanusiakan bukan mimpi (mitos) tetapi kenyataan yang bisa dikembangkan dari para pelaku pendidikan.

Untuk pembelian hubungi :

Kentar Budhojo : 081333193605 | Najmah Katsir : 085649786707 | Mohammad Mahpur : 081335729355

 

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here