Menyemai Bibit Penulis Muda di Pinggiran Bojonegoro

0
275

Minggu, 24 Desember 2017 menjadi hari bersejarah bagi komunitas menulis KBM (Kita Belajar Menulis). Pada hari ini, komunitas yang dimotori Slamet Widodo, Guru Matematika MTs Negeri 3 Bojonegoro itu mengadakan Kopi Darat (Kopdar) untuk pertama kalinya. Tema yang diusung adalah “Menulis itu Mencerdaskan”.

Slamet Widodo menuturkan bahwa hari ini menjadi tonggak sejarah bagi KBM untuk mewujudkan mimpi-mimpi besarnya. Ia tidak menyangka ternyata inisiasinya menghidupkan budaya literasi melalui tulisan mendapatkan sambutan dan apresiasi yang luar biasa dari berbagai pihak.

“Saya sangat terharu dan bersyukur sekali karena sambutan dari teman-teman sangat luar biasa. Tekat teman-teman untuk menulis dalam komunitas ini sangat luar biasa. Bahkan ada salah seorang murid saya, meskipun ia tidak punya HP android tapi tekatnya untuk menulis tidak surut” tuturnya penuh semangat dalam sambutan pembuka.

Forum tersebut dihadiri Kepala Madrasah Aliyah Bahrul Ulum (MABU) Kepohbaru, Drs. Suroto, M.Ag. Dalam sambutannya ia berpesan kepada peserta agar menjadi penulis yang jujur yang tidak turut menyebarkan berita bohong (hoax).

“Dalam menulis perlu ada proses tabayun yaitu melakukan cross check, apakah yang ditulis itu fakta atau hoax. Jangan turut menjadi penyebar kabar burung nanti burungnya kabur” tambahnya sebelum mengakhiri sambutan kemudian disambut tawa para peserta forum.

Kegiatan yang diadakan di salah satu gedung MABU Kepohbaru ini sedianya dimulai tepat pukul 08.00 WIB. Akan tetapi karena satu dan lain hal forum baru dibuka pukul 08.30 WIB namun tetap tidak mengurangi kekhidmatan dan antusiasme peserta.

Selain anggota KBM, turut hadir pula dalam forum tersebut anggota OSIS MTs Negeri 3 Bojonegoro, anggota OSIS MABU Kepohbaru, perwakilan IPNU dan IPPNU ranting Desa Woro dan Desa Mojosari Kecamatan Kepohbaru.

Agenda utama forum Kopdar tersebut adalah untuk meningkatkan motivasi anggota, Menularkan “virus literasi” khususnya kepada pemuda-pemuda di Kecamatan Kepohbaru, pembentukan pengurus, peresmian logo dan perumusan visi misi serta penentuan tema buku antologi.

Acara diawali dengan serangkaian seremonial kemudian dilanjutkan dengan seminar kepenulisan dengan tema “Menulis itu Mencerdaskan” yang disampaikan oleh penulis sendiri. Acara terakhir adalah rapat internal anggota komunitas KBM.

Dalam rapat tersebut disepakati bahwa Ketua KBM adalah Slamet Widodo, S.Pd yang tidak lain merupakan pendiri dan inisiator komunitas ini. Sekretaris diamanatkan kepada Cut Kiki Meysaroh, Mahasiswi Universitas Islam Darul ‘Ulum (Unisda) Lamongan. Sementara Bendahara diamanatkan kepada Mahmud, S.Ag., Guru MTs Negeri 3 Bojonegoro. Sedangkan untuk divisi-divisi yang disepakati adalah Hubungan Masyarakat (Humas), Kepenulisan dan Penerbitan, Pelatihan dan Publikasi yang masing-masing diamanatkan kepada Sulthon Fathoni, Ahmad Khoiron Ihsan, dan Sigit Priatmoko.

Bojonegoro, 24 Desember 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here