Pasar Krempyeng, Pembelajaran Pemberdayaan PKBM Bestari

0
312
Situasi di Pasar Krempyeng PKBM Bestari. Pendidikan non-formal yang menyelenggarakan pasar komunitas.

0Shares
0

Jombang, Kampusdesa.or.id–Pada tanggal 14 Maret 2020 lalu, jam 08.00-14.00 PKBM BESTARI menyelenggarakan tiga kegiatan dalam satu hari tersebut. Hadir dalam kegiatan ini Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan Dikmas, penilik PAUD dan Dikmas Korwil Mojowarno, dan pendidik PAUD se Kecamatan Mojowarno serta Pendidik PAUD di luar kecamatan Mojowarno. Kegiatan ini dimeriahkan pula pameran produk peserta didik Paket A, Paket B, dan Paket C PKBM BESTARI

Salah satu kegiatan yang ada di dalam lokasi PKBM BESTARI adalah workshop Pembuatan Media Pembelajaran ABK. Pematerinya Dr Vendyah Trisnaningtyas selaku konsultan ABK Surabaya dan Kak Rubi dari Rumah Kreasi Rubi Bojonegoro. Bertepatan dengan itu, seluruh wali murid siswa-siswi KB Bestari berpartisipasi dalam kegiatan tersebut juga. Mereka menampilkan karya literasi parenting.

Saya selaku siswa Paket C kelas 12 dituntut untuk membuat laporan hasil kegiatan pasar krempyeng. Kegiatan pasar krempyeng ini bertujuan untuk memeriahkan kegiatan workshop pembuatan media pembelajaran bagi ABK. Selain pameran pendidikan, kami sebagai warga belajar kesetaraan di PKBM BESTARI berpartisipasi dalam kegiatan kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan kepada seluruh siswa-siswi pendidikan kesetaraan Paket A, Paket B, dan Paket C.

Manfaat yang dapat saya peroleh adalah dapat mengetahui sulitnya menjadi pengusaha yang handal. Hal ini dipengaruhi oleh sulitnya untuk mencari dana, mengatur keuangan, mengatur harga, dan mengatur perhitungan untung dan ruginya. Dari kegiatan ini kami dilatih untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan yang tertanam di dalam diri kami.

Dalam kegiatan pasar krempyeng ini, stand kami menjual beberapa produk diantaranya produk kuliner berupa ayam geprek tanpa nasi, sate usus, ayam bakar, kolak durian, durian, aneka jamu, cilok, nasi bakar, aneka kue dan pop-corn.

Adapun produk fashion teman-teman saya menjual jilbab, tas, dompet, aneka sandal, gamis. Ada pula yang menjual peralatan dapur cobek dan perlengkapannya. Selain itu pula dijual produk kecantikan. Dalam produksi barang yang kami pasarkan sebagian besar jenis barangnya kami produksi sendiri.

Dari segi promosi atau pemasarannya, beberapa hari sebelum pasar krempyeng dimulai, kami telah melakukan sosialisasi di sosial media, masyakarat dekat PKBM BESTARI dan ke teman-teman yang lain.

Nina Wahyuni, Peserta Belajar Kejar Paket C PKBM Bestari Cetakgayam Mojoagung Jombang