Membangun Jiwa Disiplin Anak

0
148

Ayah & Bunda, memiliki anak yang tertib dan disiplin, tentu menjadi impian indah kita, bukan? Karena kedisplinan merupakan salah satu kunci kesuksesan. Nah, untuk menunjang usaha kita membangun kedisiplinan pada jiwa anak, silakan menyimak tips berikut ini, Ayah & Bunda.

Tips sederhana membangun kedisiplinan pada anak:

Ajak dan bersamailah anak untuk :

  1. Membuat jadwal kegiatan. Jadwal kegiatan ini, bisa harian, mingguan atau bulanan. Ayah & Bunda bisa merangkumnya dari kegiatan rutin anak.
  2. Menulis jadwal pada board yang bisa menjadi mood boster bagi anak. Misalnya, kita hiasi board dengan gambar tokoh-tokoh karakter anak, quote-quote yang bisa menginspirasi anak atau kertas warna-warni yang sesuai dengan warna favorit anak.
  3. Menggantungkan board di posisi terbaik bagi anak, di kamarnya. Misalnya, di atas meja belajar (ditempel di dinding) atau di sekitar rak buku. Saya sarankan, di tempat yang sering dilihat anak atau anak tertarik untuk sering melihatnya.
  4. Melaksanakan jadwal dengan maksimal. Di sini, sebisa mungkin hindarilah pemaksaan dan tekanan. Agar anak bisa melaksanakan jadwal dengan bahagia. Ingatlah, tugas kita hanya mendampingi dan mengarahkan.
  5. Tugas terbesar kita adalah membantu anak dalam melaksanakan jadwal. Misalnya, mengingatkan dengan pilihan kata dan sikap yang menyenangkan. Mengakomodir pelaksanaan jadwal, juga akan sangat membantu.

Jika dalam perjalanan waktu, anak lupa akan kegiatan yang sudah tertulis pada jadwal, kita tidak perlu marah. Ingatlah selalu, marah bukanlah solusi dari sebuah permasalahan. Kita juga tidak boleh menyakiti anak baik secara fisik maupun mental. Bully bukanlah hal yang dibenarkan dalam sebuah pendidikan.

Cukup berikanlah peringatan dan motivasi agar ke depan, anak tidak lalai lagi. Percayalah, kesabaran yang kita balurkan pada jiwa anak, akan memberikan kekuatan yang istimewa padanya. Kekuatan, untuk menjalani kehidupan dengan matang dan penuh semangat.

Demikian Ayah & Bunda, semoga bermanfaat, ya?

Sleman, 8 Februari 2018

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here