Membaca Biografi, Membangun Cermin Diri

0
83
Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Perempuan Jawa Timur (Tengah). Setelah gagal kesekian, akhirnya terpilih.

Membandingkan kisah hidup seseorang dapat menjadi cermin diri. Bahkan dapat menjadi pengukur antara proses perjalanan hidup kita dengan kesuksesan seseorang, ataupun catatan buruk seseorang. Membaca biografi menjadikan tambahan wawasan bagi kita untuk mencerna dan membandingkan sampai di titik mana kita bisa berproses menuju sukses, atau justru kita berusaha berhati-hati agar tidak mengulang keterpurukan seseorang menjadi jalan terjal kita. Anda juga suka membaca biografi?

kampusdesa.or.id — Salah satu hobi saya adalah membaca biografi seseorang atau tokoh-tokoh terkenal. Biasanya ketika mendengar atau melihat ada seorang yang masuk berita televisi, entah itu berita yang baik atau tidak baik, segera saya mencari tahu profil dari seseorang tersebut di mesin pencarian “Google”. Misalnya, beberapa saat yang lalu ada seorang artis yang tertangkap karena mengedarkan narkoba, tanpa banyak membuang waktu, saya pun mencari profil dan sepak terjang sang artis dalam perjalanan hidupnya di internet.

Juga ketika ada seorang bupati wanita yang terpilih di tahun 2018, sebut saja Bupati Purwakarta, Hj. Anne Ratna Mustika, S.E. Langsung timbul rasa penasaran di hati saya untuk mengetahui lebih detail siapa beliau. Ternyata beliau masih muda kalau dilihat dari sisi pencapaian jabatan sebagai seorang bupati. Hampir seumuran dengan saya, selisih tepat dua tahun, karena mempunyai ulang tahun yang sama. Kalau saya lahir pada 28 Januari 1984 kalau Ibu Bupati pada 28 Januari 1982, jadi kalau sekarang saya umur 35 tahun, beliau umur 37 tahun.

Bupati Purwakarta periode 2018-2023 ini adalah bupati wanita pertama Kabupaten Purwakarta, pada kontestasi pemilihan bupati dan wakil bupati Purwakarta Hj. Anne Ratna Mustika, SE berpasangan dengan H. Aming sebagai Wakil Bupati Purwakarta. Ibu dua anak dan sedang hamil anak ketiga itu adalah istri dari Kang Dedi Mulyadi, bupati Purwakarta periode sebelumnya. Wanita cantik dengan panggilan akrab Ambu Anne itu, dulunya adalah seorang Mojang Kabupaten Purwakarta pada tahun 2001 dan mewakili Kabupaten Purwakarta di Pasanggiri Mojang Jajaka Jawa Barat 2001.

Itu hanya salah satu contoh cerita singkat biografi seseorang yang saya baca, banyak orang-orang lain yang sering saya amati dan baca secara diam-diam biografinya, mulai dari orang biasa, pimpinan-pimpinan saya, artis, pejabat sampai biografi tokoh-tokoh dunia, baik yang sudah meninggal atau pun yang masih hidup.

Kalau di Kementerian Agama tempat saya berdinas, jika kita ingin mengetahui profil pegawai, ada namanya Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (Simpeg) di link web; simpeg.kemenag.go.id. Di web tersebut, biodata terkait kepegawaian para Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama bisa dilihat dengan cepat dan mudah, tinggal memasukkan Nomor Induk Pegawai (NIP), kita bisa mengetahui profil sang pegawai, diantaranya tentang; awal karirnya, kepangkatannya, jabatannya, sampai tanggal sang pegawai tersebut pensiun.

Pertanyaannya adalah, “mengapa saya suka kepo dengan orang-orang tersebut, dengan membaca profil atau biografi mereka?”. Jawabannya ada beberapa alasan, yang mungkin bisa membuat pembaca meniru hobi saya ini dan akan saya uraikan satu per satu di bawah ini;

Membaca profil dan biografi menuntun saya untuk ikut merenung dan berpikir. Ketika saya mengikuti pengalaman seseorang, otomatis saya akan ikut memikirkan beberapa hal yang berkaitan dengan pengalaman tersebut. Apa yang akan saya lakukan dan putuskan jikalau saya menjadi seseorang itu. Selain itu juga bahwa, dalam hidup ini banyak sekali hal yang patut disyukuri. Sehingga bisa lebih sadar juga jikalau saya punya hidup yang lebih beruntung.

Baca juga :

Dalam satu kisah seseorang yang saya baca, saya bisa melihat bagaimana cara pandangnya terhadap kehidupan. Bagaimana cara ia untuk menghadapi dan menyelesaikan masalah. Inilah yang menunjukkan bahwa ia punya kelebihan dan kekurangan. Setiap orang pasti punya masalah, dengan mempelajari kehidupan biografi seseorang, saya bisa sadar bahwa setiap manusia bukanlah makhluk yang sempurna. Kisah hidup seseorang yang bisa menjadi pelajaran berharga untuk orang lain. Salah satunya untuk tidak mengulangi kesalahan yang pernah seseorang tersebut lakukan. Hal tersebut bisa menjadi petunjuk bagi saya tentang kelebihan dan hal-hal yang baik untuk saya teladani, dan sebaliknya, kekurangan dan hal-hal tidak baik yang tidak semestinya saya tiru.

Untuk menjadi orang yang berhasil, seseorang pasti melakukan kerja keras dan berusaha dengan tak kenal putus asa. Tak jarang, usaha yang dilakukannya gagal berkali-kali. Bahkan bisa jadi mencapai titik terendah dalam hidup seseorang tersebut.

Saya bisa mengetahui pencapaian yang sudah diraih oleh seseorang dalam hidupnya. Untuk menjadi orang yang berhasil, seseorang pasti melakukan kerja keras dan berusaha dengan tak kenal putus asa. Tak jarang, usaha yang dilakukannya gagal berkali-kali. Bahkan bisa jadi mencapai titik terendah dalam hidup seseorang tersebut. Dari kisahnya ia pun berusaha untuk bangkit dari keterpurukan. Inilah bukti, bahwa usaha tak akan mengkhianati hasil. Pada umur berapa ia berhasil sukses, lalu saya cerminkan atau bandingkan pada diri saya pribadi, sebagai bagian dari upaya koreksi dan muhasabah diri.

Secara tidak langsung akan menularkan semangat dan kepercayaan diri saya. Misalnya biografi tokoh-tokoh politik, mereka banyak sekali mendedikasikan diri untuk masyarakat. Hal ini membuat diri tersadar untuk meneladani dan meniru, setidaknya dalam lingkungan sosial sekitar, agar dapat bermanfaat untuk orang lain. Selain itu, semangat kerja keras dan perjuangan yang mereka lakukan untuk mencapai kesuksesan berusaha saya tanamkan dalam diri. Bahwa kalau orang itu bisa sukses dan bermanfaat untuk orang lain dalam hidupnya, kenapa saya tidak?

Mengikuti melihat kilas balik kisah hidup seseorang dalam biografinya dengan perjalanan hidup seseorang tentu sangat menarik. Tidak hanya kesenangan saja yang dialami oleh seseorang. Namun, banyak diantaranya pengalaman getir dan pahit, yang bisa membuat seseorang menjadi sukses

Menimbulkan rasa pada diri dalam hal peningkatan kemampuan berempati, yaitu ketika saya merasakan kebahagiaan yang saya baca dalam suatu biografi dan mudah juga merasa terharu atau sedih ketika membaca pengalaman dan perjuangan hidup seseorang yang penuh liku-liku. Mengikuti melihat kilas balik kisah hidup seseorang dalam biografinya dengan perjalanan hidup seseorang tentu sangat menarik. Tidak hanya kesenangan saja yang dialami oleh seseorang. Namun, banyak diantaranya pengalaman getir dan pahit, yang bisa membuat seseorang menjadi sukses.

Sebagai pembaca biografi, setiap kali saya membaca kisah hidup seseorang, semakin saya menyadari, bahwa setiap masing-masing manusia mempunyai cerita hidup yang berbeda. Semoga dari tulisan saya ini, kita dapat mengambil hikmah pada setiap kisah, cerita dan kejadian dari seseorang. Insyaallah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here