Kopi Tujak Lombok Timur Diboyong Bule Inggris

0
229

Siapa sangka di belahan timur Indonesia, kopi pun memiliki nilai komoditas tinggi. Ketekunan membangun kesadaran pertanian kopi menjadi salah satu kekuatan yang penting untuk meningkatkan nila tambah petani. KOPI TUJAK, khas Lombok Timur mulai memerebutkan hati pelanggan, bahkan pelanggan itu dating dari dataran Eropa.

Kopi Tujak merupakan Kopi yang diolah mulai dari panen sampai menjadi bubuk masih menggunakan pengolahan manual. Sistem tersebut dipilih untuk mempertahankan kualitas dan budaya orang terdahulu yang menggunakan alat tradisional.

Hal ini mampu mengundang perhatian para pencinta kopi di Indonesia. Bahkan pencinta kopi mancanegara pun turut tertarik dengan kopi Tujak. Hal ini terbukti dengan kunjungan para turis mancanegara ke kelokasi kedai kopi dan datang langsung ke tempat pengolahannya.

Kopi Tujak

Kopi Tujak yang baru siap diolah kurang lebih sekitar 2 bulan ini, sudah diluncurkan ke berbagai daerah di Nusantara Seperti Depok Pancoran Mas, Tangerang Selatan, Jawa Tengah, Jawa Barat, Cibodas, Ciamis, Jayakarta, Kalimantan Timur, Bali dan Lombok sendiri Seperti Kantor Dinas Kominfotik, Senggigi (Game Food & Coffe Shoop) dan banyak Lagi daerah yang lain.

Diantara yang membuat bangga adalah kunjungan dari pencinta kopi mancanegara. Mereka adalah turis pencinta kopi dari kebangsaan Inggris. Dia singgah di BBM ( Bakso Bang Memet). Tempat ini salah satu kedai kopi Tujak. Di sini mereka tidak makan bakso melainkan mereka mencoba nikmatnya kopi Tujak.

Setelah mereka menikmati kopi tersebut mereka berbincang panjang. Di benak saya sangat ingat kalimat yang terlontar dari mereka adalah,

“I very is enjoying [of] this coffee, [is] very is making friends with [of] my tongue and stomach, finish me drink this coffee [is] I wish to bring this coffee to my state this [is] very scrumptious.”
(Aku sangat menikmati kopi ini, ini sangat bersahabat dengan perut dan lidahku. Selesai saya minum kopi ini saya ingin membawa kopi ini ke negara saya. Ini sangat nikmat).

Ada lagi turis mancanegara berikutnya yang telah berkunjungan untuk menikmati kopi Tujak. Mereka turis dari Amerika yaitu Tyler. Kami kemudian lebih akrab memanggil dia dengan nama Udin. Mereka datang sejumlah 7 anggota. Mereka langsung mengunjungi kebun kopi Tujak yang terletak di Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur.

Turis manca negara memraktikkan olahan kopi Tujak

Mereka sangat menikmati lokasi kebun kopi. “Selain memiliki kebun kopi yang luas, tempat ini juga nyaman untuk mencari ketenangan,” ungkap Tyler. Di kebun kopi ini mereka dijamu dengan Kopi Tujak yang dituang dalam cangkir sajian kopi. Ketika mereka meminumnya mata mereka langsung tak berkedip dan wajahnya melongo. Ketika kopi tersebut menyentuh lidah mereka, Iskandar lalu menimpali dengan berkata, “ini baru ngopi,” seru Iskandar yang selaku driver yang membawa mereka ke lokasi Kebun Kopi dari Mataram.

Hajrul Azmi. Bekerja di SMK BN Kokok Putik Lombok Timur Nusa Tenggara Barat

Selengkapnya tulisan ini silahkan kunjungi link di kampungmedia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here