Jangan Sesekali Meremehkan Apresiasi

0
254

Manusia adalah makhluk yang sangat unik. Keunikan yang dimaksud disini bukan soal fisik, melainkan karakternya. Dalam diri dua manusia maka terdapat dua jenis karakter. Dalam diri dua ratus manusia maka terdapat dua ratus jenis karakter. Begitu seterusnya, setiap manusia memiliki karakter yang berbeda. Ada yang cenderung pemarah, penyayang, pemalu, dan berbagai jenis karakter lainnya yang akan membedakannya dengan orang lain.

Karena unik dan variatifnya karakter inilah sehingga menghadapi manusia menjadi hal yang tidak mudah. Kita harus benar-benar memperhatikan setiap sikap maupun ucapan dalam berinteraksi dengan manusia. Tujuannya adalah untuk menjaga hubungan baik dan menghindari konflik karena setiap manusia memiliki kecenderungan untuk hidup tenang dan damai.

Bagaimana kita ingin diperlakukan, seperti itu pula orang lain ingin diperlakukan. Bahasa sederhananya, cintailah orang lain sebagaimana kamu mencintai diri sendiri.

Ada satu hal yang sering dilupakan oleh banyak orang dalam berhubungan dengan orang lain yakni apresiasi atau penghargaan. Apresiasi tidak harus selalu dalam bentuk materi. Menanggapi pembicaraannya atau memuji usahanya juga merupakan bentuk apresiasi yang sangat berarti.

Sebagai contoh, ketika anak atau adik kita mendapat nilai baik disekolah dan menunjukkan hal itu pada kita, maka apresiasilah dengan memuji dan memotivasi. Karena jika diabaikan, bisa jadi akan menurunkan bahkan memghilangkan semangat belajar mereka. Tentu kita tidak ingin hal ini terjadi. Contoh lain, ketika ada teman yang ingin bercerita tentang sesuatu maka tanggapilah. Perlakukan ia seperti seseorang yang sangat penting sehingga ia merasa keberadaannya dihargai.

Atau yang paling sederhana, ketika ada seseorang yang mau berbagi ilmu atau informasi penting di grup-grup diskusi online atau secara langsung maka sebisa mungkin tanggapilah. Agar ia merasa ada orang yang menganggap penting informasi yang dibagikannya sehingga ia akan terus termotivasi melakukannya. Dan masih banyak lagi contoh lainnya yang terjadi disekitar kita dimana hal tersebut sangat perlu untuk diapresiasi.

Apresiasi walau terlihat sepele sebenarnya memiliki pengaruh yang cukup bahkan sangat besar bagi sebagian orang. Jadi, mulai saat ini belajarlah mengapresiasi setiap usaha orang-orang disekitar kita.

Yuli. Mahasiswi di Universitas Halu Oleo, kota Kendari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here