Dokter Rakyat : Ini Dia Penyebab Cegukan

0
167

DokterRakyat [KampusDesa] Sahabatku semuanya se-bangsa se-tanah air yang dirahmati Allah SWT. semoga sahabatku semuanya sehat dan sejahtera selalu. Aamiin 3x.

Dalam kesempatan emas kali ini, izinkanlah saya sedikit berbagi tentang apa penyebab cegukan. Selamat membaca dan memahami.

Pusat cegukan [hiccup reflex arc] adalah di bagian atas urat saraf tulang belakang [upper spinal cord, C3-C5], di medulla oblongata, di dekat pusat pernapasan. Aktivasi persarafan recurrent laryngeal menutup glottis, memproduksi suara ”hiks” saat cegukan.

Cegukan yang berlangsung kurang dari 48 jam [2 hari], paling sering dipicu oleh meminum minuman berkarbon, minum terlalu banyak alkohol, makan terlalu banyak, rasa cemas atau ketakutan yang berlebihan dan/atau tidak masuk akal, stres emosional, rasa bahagia yang berlebihan [euforia], perubahan suhu yang mendadak, menelan udara sambil mengunyah permen karet atau menghisap permen.


[Paragraf Bersponsor] Beli salah satu buku si DokterRakyat berjudul “The Art of Medicine, Seni mendeteksi, dan menyembuhkan 88 penyakit dan gangguan kesehatan. Pendamping setia sebelum ke dokter.” Diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama Jakarta Tahun 2016. Cukup baru. Buku ini seolah mencegah anda untuk tidak ke dokter. Cukup membacanya maka anda barangkali akan menunda pergi ke dokter karena mendapat panduan dari buku ini. Tetapi tetap jika ada keluhan yang tidak bisa ditangani sendiri, pergi ke dokter adalah sebuah keharusan. Tetapi kemampuan merawat kesehatan juga penting sehingga memiliki buku ini juga sama pentingnya dengan anda memiliki dokter rumah 24 jam. Buku ini dapat dibeli melalui online dengan mengunjungi link berikut >> getscoop, amazon, gramedia [Paragraf Bersponsor]

Cegukan selama lebih dari dua hari disebabkan oleh berbagai faktor, seperti; iritasi atau kerusakan sistem persarafan, gangguan sistem saraf pusat dan tepi, gangguan metabolisme, infeksi [misal meningitis dan ensefalitis], mengonsumsi obat-obatan tertentu [seperti benzodiazepin, barbiturat aksi-pendek, donepezil, deksametason, alfa-metildopa, steroid, tranquilizers, dan sebagainya].

Demikian sedikit ilmu dari saya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat dan sukses selalu.

dr. Dito Anurogo, dokter digital/online di detik.com, penulis lebih dari 18 buku dan lebih dari 333 karya tulis terpublikasi, CEO/Founder Indonesia Literacy Fellowship dan Srikandi Forum Indonesia, S-2 IKD Biomedis FK UGM Yogyakarta. Email: dito.anurogo@mail.ugm.ac.id


CARA KONSULTASI : Anda bisa konsultasi dengan mengirim pertanyaan seputar kesehatan ke WA 081335729355 dengan cara : ketik DokterRakyat | tuliskan pertanyaan secara jelas. Diakhir kalimat tutup dengan format [kampusdesa.or.id]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here