Cemorokandang; Geliat Literasi Menuju Desa Belajar untuk Mandiri Wisata

0
110
Duta literasi anak-anak Cemorokandang

KampusDesa, Malang–Pada hari Jumat tanggal 14 September 2018 dengan seizin Bapak Lurah Cemorokandang, Yayasan Samudera menyelenggarakan 2 (dua) jenis kegiatan mulai pukul 07.00 wib hingga 19.30 wib yaitu,

Kompetisi Duta Literasi Anak (KDLA) Tingkat Kelurahan 2018

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Literasi Anak TINTA MULIA yang berada di bawah naungan Yayasan Samudera. Diharapkan kegiatan KDLA ini akan menjadi agenda tetap Tinta Mulia setiap tahun, bersamaan dengan peringatan Hari Aksara Internasional 8 September dan Hari Kunjung Perpustakaan tanggal 14 September.

Pada penyelenggaraan perdana kemarin diikuti sebanyak 20 orang anak mulai kelas 3 hingga 6 MI/SD dari 6 sekolah tingkat dasar yang ada di desa Cemorokandang, yaitu SDN CEMOROKANDANG 1, 3, dan 4 serta MI CEMOROKANDANG dan Sekolah Alam Nur Hikmah Cemorokandang.

Ada pun pemenangnya adalah sebagai berikut;

  1. Juara Harapan 1. Safaatul Laili NA, kelas 4 SDN Cemorokandang 1.
  2. Juara Harapan 2. Maharani Nurita, kelas 4 SDN Cemorokandang 4.
  3. Juara 1 Kaysa Mumtaz Tsabita Mahrus, kelas 5 SDN Cemorokandang 4.
  4. Juara 2 Adnia Putri Eldystie, kelas 5 SDN Cemorokandang 1.
  5. Juara 3. Nur Maulidia Izmadina, kelas 3 MI Cemorokandang.

Perlu kami sampaikan ada hal yang sangat membanggakan pada kompetisi kemarin. Hal ini berkaitan dengan Piala Tetap dari Bapak Lurah Cemorokandang yang menjadi hak bagi sekolah dengan pemenang terbanyak.

Berdasarkan penilaian di lapangan, seluruh perwakilan peserta dari Sekolah Alam Nur Hikmah (Sanhikmah) hasil karyanya ternyata telah bisa dikatakan melampaui level rata-rata peserta dari sekolah lainnya. Baik dari segi pemilihan kata, alur bahasa dan logika, ide cerita mau pun kandungan hikmah.

Untuk pertimbangan tercapainya visi misi ke depan yang lebih kondusif, maka Tinta Mulia memutuskan untuk menambah lagi satu kategori grup pemenang yaitu level menengah yang diisi oleh delegasi Sanhikmah. Kategori ini di luar para pemenang yang telah disebutkan di atas. Demi keadilan maka pada penyelenggaraan KDLA yang pertama ini Sanhikmah berhak menerima Piala Bapak Lurah Cemorokandang.

Kompetisi ini dimulai pukul 08.00 pagi dan berakhir lebih awal dari yang diagendakan yaitu pukul 11.15 dengan tertib dan lancar.

Workshop Desa Belajar bersama Kampus Desa

Acara ini merupakan acara lanjutan pertemuan rekan-rekan pegiat literasi dan pejuang kemajuan desa di Oasis Cafe Mertojoyo 2 minggu sebelumnya.

Acara workshop yang digawangi oleh Kampus Desa ini dihadiri perwakilan oleh beragam komunitas seperti TBM (Taman Belajar Masyarakat), Gubuk Tulis, Guru Menulis, dan sebagainya. Seluruh peserta bertemu untuk saling berdiskusi dan berbagi ilmu tentang literasi untuk kemajuan desa.

Presentasi Rintisan Narasi Desa Sains oleh Nurl Qomariyah

Pada sesi inti diskusi, peserta dibagi menjadi kelompok dengan cluster pembahasan masing-masing. Berkaitan dengan desa Cemorokandang, diskusi mengarah pada cluster Desa Wisata dengan hasil pembahasan terlampir.

Kegiatan ini diikuti lebih kurang 30 beserta dimulai tepat pukul 02.00 siang dan berakhir menjelang pukul 08.00 malam. Seluruh kelompok peserta telah merumuskan hal-hal yang akan dijadikan acuan untuk aksi perjuangan berikutnya, yang memang telah bulat memutuskan untuk menjadikan desa Cemorokandang sebagai target binaan dengan ikon Desa Wisata Pendidikan Keluarga (Dewi Pelaga) dengan dimotori oleh Yayasan Samudera. Diharapkan pergerakan ini mampu mendukung terwujudnya Dewi Pelaga dalam hal strategi digitalisasi marketing.

Kegiatan diakhiri dengan do’a akhir majelis. Seluruh peserta bahu-membahu untuk membersihkan sampah dan merapikan Gedung Pertemuan Kelurahan Cemorokandang hingga kembali bersih seperti sedia kala.

Rasa Terima kasih yang tiada terhingga kami sampaikan kepada Bapak Lurah Cemorokandang beserta seluruh staff yang telah memfasilitasi kegiatan hari ini. Semoga berkah dan bermanfaat untuk semuanya. Aamiin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here