Berbahagia Bersama Masalah, Mungkinkah Dijalani ?

0
105

Dalam hidup ini, siapa yang tidak menghadapi masalah? Mulai dari bayi baru lahir sampai lanjut usia, tentu setiap saat harus menghadapi masalah. Baik itu masalah yang terlihat sepele namun sebenarnya besar maupun masalah yang benar-benar besar. Jadi, menghadapi masalah adalah fitrah kita sebagai manusia. Maka, hadapilah setiap masalah yang ada dengan bahagia. Sebisa mungkin bertahan, jangan sampai putus asa! Putus asa hanya akan merugikan diri sendiri.

Bahagia bersama masalah, bagaimana biisa?

Bisa. Selama keyakinan dalam diri terbangun teguh, kita akan bisa menghadapi setiap masalah yang ada dengan bahagia. Caranya? Bersahabatlah dengan setiap masalah yang Tuhan hadirkan. Terimalah sebagai tantangan bagi pendewasaan diri. Asyik bukan, jika hidup ini kita jadikan sebagai wahana dalam lokasi out bond? Bermain, belajar, menghadapi halang rintang mencapai tujuan. Malah, tentu kita tidak merasa lelah. Penuh semangat dan tak ingin semua berakhir begitu saja.

Nah, inilah tips sederhana untuk kita bisa bahagia dalam mengadapi dan menyelesaikan masalah :

Pertama, yakinilah bahwa Tuhan memberikan masalah kepada kita, bersama solusinya. Ibarat masalah di tangan kanan, maka solusi ada di tangan kiri. Begitu juga dengan sebaliknya.

Kedua, ketika masalah singgah, sambutlah dengan senyuman. Dalam senyum itu, tuangkanlah semangat kepada diri sendiri untuk bisa berpikir, berperasaan dan bersikap positif. Nah, nilai-nilai positif dalam diri inilah yang akan membuat kita ringan hati dalam menghadapi dan menyelesaikan setiap masalah.

Ketiga, jika ternyata memerlukan teman untuk diskusi, maka bukalah lebar-lebar pintu hati kita. Agar apa? Agar kita bisa segera membuka diri kepada orang tua, guru, teman atau sahabat yang bisa kita percaya. Ingat, bukan hanya bisa kita percaya, tetapi juga kita pandang mampu memberikan pencerahan dan ide-ide menuju jalan keluar permasalahan.

Keempat, saatnya tersenyum manis di hadapan Tuhan untuk memohon petunjuk dan persetujuan. Jika hati telah mantap, maka jurus terakhir adalah penyelesaian masalah. Yakinlah, tidak ada kesulitan melainkan bersamanya Tuhan sertakan kemudahan.

Indah bukan, berbahagia dalam setiap masalah yang singgah.
Salam bahagia.

Sleman, 21 November 2017

Humairah Samudra. Penulis yang juga anggota Indonesia Menulis Online. Saat ini bersama anggota group yang berafiliasi di whatsapp sedang mengerjakan proyek menulis bersama tentang Cerita Anak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here