Berbagi Inspirasi Bersama Kelas Inspirasi

0
50
Satriani Tarang (kontraktor di proyek pembangunan, salah satu inspirator)

Malino, KampusDesa.or.id– Dengan mengusung tema “Sehari Mengajar, Seumur Hidup Menginspirasi”, sekitar 80 relawan pengajar dan dokumentator laksanakan Kelas Inspirasi Gowa (13/10/2018). Sekolah yang disasar pada Tahun ke 5 pelaksanaan di Kabupaten Gowa ini adalah Sekolah Dasar yang berada di Kecamatan Tinggimoncong. SD tempat menyalurkan inspirasi pada tahun ini berjumlah 10 sekolah, salah satunya adalah SDN 2 Malino.

Relawan Pengajar

Beberapa relawan pengajar yang terpilih yakni Basmawati Haris (pustakawan), Andi Adli Mappudji (Instruktur Komputer), Muhammad Ismail (Desain Grafis), Nur Aslam [asisten manager di perbankan), Agusdiwana Suarni (Kaprodi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar), Satriani Tarang (kontraktor di proyek pembangunan), A Nurfadhil Muhyiddin [Duta Wisata Gowa), Makbul (Fotografer), Dito Anurogo (dosen FK Unismuh, dokter literasi digital, penulis). Adapun relawan dokumentator yang terpilih adalah Muh. Patekkai dan Muh. Khaidir Usman. Bertindak selaku fasilitator adalah Ainun, Dian, dan Heri. Kesemuanya ini bergabung di dalam tim 6 alias Tim Tech-Marry.

Sebutan ini diusulkan oleh Dito Anurogo. ‘’Tech Marry itu memiliki filosofi mendalam. Berasal dari gabungan technology, Malino, dan strawberi. Relawan pengajar, dokumentator, dan fasilitator menggunakan teknologi di dalam mematangkan konsep dan sistem pengajarannya. Tim 6 berkunjung ke SD Negeri 2 Malino. Malino merupakan daerah penghasil strawberi,’’ ujarnya. Sayangnya, dosen produktif penulis lebih dari 20 buku itu berhalangan hadir karena kompleksitas problematika serta padatnya jadwal kegiatan. Padahal ia telah diberi surat tugas bernomor 353/05/A.4-VIII/X/40/2018 dari dekan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Makassar untuk mengemban amanah sebagai relawan pengajar kelas Inspirasi Gowa.

Kelas Inspirasi

Sekadar diketahui, kelas Inspirasi merupakan program yang dicanangkan oleh Indonesia Mengajar. Kelas inspirasi pertama kali diselenggarakan 25 April 2012 di 25 SD di wilayah DKI Jakarta. Kelas Inspirasi menanamkan empat nilai moral, yakni kejujuran, kemandirian, kerja keras, dan pantang menyerah. Adapun para pegiat kelas Inspirasi memiliki tujuh sikap dasar, yaitu sukarela, bebas kepentingan, tanpa biaya, siap belajar, terjun langsung, siap bersilaturahmi, dan tulus.

Profil Sekolah

Meskipun terletak di kota, namun masih tak banyak orang yang mengetahui keberadaan SD Negeri 2 Malino yang beralamat di JL. S. Dg. Jarung ini. Bertindak selaku kepala sekolah adalah Rosmiati. SD yang memiliki enam ruangan kelas ini, memiliki 140 siswa. Jumlah murid per kelasnya bervariasi. Kelas 1 memiliki 25 siswa. Kelas 2 memiliki 29 siswa. Kelas 3 memiliki 26 siswa. Kelas 4 memiliki 16 siswa. Kelas 5 memiliki 18 siswa. Kelas 6 memiliki 26 siswa.

Foto bareng tim Inspirator dan Guru-Murid SD Negeri 2 Malino

SD ini tidak menetapkan jam masuk pagi dan siang. Yang ada hanya kelas pagi, yakni dari jam 07.30 hingga 12.40 WITA. Hal ini berlaku untuk semua siswa dari kelas satu hingga kelas enam.

Fasilitas, sarana, dan prasarana di SD ini terbilang lumayan. Ada perpustakaan, listrik di setiap kelas, WC umum, dan kantin.

Jalanan menuju SD Negeri 2 Malino terbilang bagus. Mobil dan motor dapat melewatinya karena sudah beraspal.

Berlangsung Ceria

Siswa beserta guru SDN 2 Malino sangat antusias menyambut para relawan di sekolah mereka. Pembukaan yang di mulai pada pukul 7.30 ini diawali oleh tarian Gendrang Bulo serta diakhiri kata sambutan oleh Kepala Sekolah sebelum memasuki kelas inspirasi.

Kelas inspirasi yang diberikan berlangsung ceria dan membuat para siswa bersemangat dalam menyimak para relawan, yang diwakili oleh Ibu Satri (Insinyur) dan Bapak Andi (Instruktur Komputer).

‘’Dengan adanya Kelas Inspirasi ini diharapkan seluruh siswa dapat mengetahui profesi lain di luar sana yang masih jarang diketahui, serta dapat memberikan motivasi kepada mereka semua agar terus dapat melanjutkan pendidikan setinggi-tingginya demi meraih cita cita yang mereka impikan, ujar Rosmiati, kepala SD Negeri 2 Malino.

Liputan oleh Muh. Khaidir Usman, Dito Anurogo, dan tim Tech-Marry Kelas Inspirasi 5 Gowa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here