Bedah Web Kampus Desa for Digital Literacy

0
824

Kampusdesa.or.id РPusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) BESTARI Mojowarno Jombang bekerjasama dengan Kampus Desa  menyelenggarakan Literacy Corner Kampus Desa. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mendorong kolaborasi konten dan membagikan berbagai ketrampilan berteknologi digital dari Kampus Desa untuk memenuhi pengembangan inspirasi yang saling mendukung. Terkadang, lembaga, pribadi dan siapapun hanya bisa di satu hal, padahal apa yang sudah dilakukan perlu disalurkan ke berbagai wadah publikasi digital. Nah, berdasarkan potensi ini, kemampuan berkolaborasi akan saling menguntungkan banyak pihak atas potensi yang dimiliki. Bertemunya beragam kemampuan ini akan membantu mempercepat potensi tersebut menjadi tersalurkan lebih baik dalam mencapai tujuan.

Semangat ini menjadikan kami, dengan sumberdaya kerelawanan dari jaringan pertemanan Kampus Desa, ingin berbagi dan mempertemukan beragam kekuatan tersebut untuk saling melengkapi sehingga menjadi kekuatan bersama yang saling menguntungkan, memajukan, dan menyelamatkan potensi tersebut agar bisa membiak. Kami pikir, tidak harus semuanya menunggu menjadi ahli, setiap potensi sekecil apapun, jika mampu dikolaborasikan, akan melahirkan kekuatan yang lebih besar. Nah, semangat inilah yang menyegerakan Kampus Desa harus go public membagikan apa yang kami punya untuk disinergikan, tanpa harus menjadi sempurna semuanya.

Astatik dan para anak PAUD Bestari. Salah satu kegiatan PKBM Bestari yang akan menjadi tempat bedah web

Bersama PKBM Bestari, kami menginisasi sebuah kesadaran digital melalui berbagai potensi untuk ditemukan membuat kekuatan baru dalam bentuk kegiatan bertahap melalui,

Bedah Web Kampus Desa for Digital Literacy

Hadir dalam kolaborasi ini yang siap berbagai potensi adalah,

Mohammad Mahpur. Fasilitator Personal Transformation, dan juga Founder Kampus Desa akan membagikan berbagai ketrampilan digital, organisasi komunitas, kemitraan, dan transformasi personal. Beliau akan memfasilitasi pertumbuhan personal, lembaga, dan komunitas untuk saling berbagi tujuan sehingga melahirkan perubahan-perubahan penting dalam mencapai visi bersama.

Alfin Mustikawan. Fasilitator Pembelajar Otentik, Founder Kampus Desa akan mengisahkan bagaimana belajar otentik itu adalah pijakan penting dalam menumbuhkan motivasi. Jaringan strategisnya memberikan suntikan semangat. Ahli evaluasi pendidikan ini ingin berbagi sekitar pembelajaran otentik agar para kolaborator pembelajar mampu saling menjadi jangkar motivasi. Sebuah motivasi yang lebih mahal bukan karena dukungan pihak luar, tetapi semangat dari dalam yang bisa diterjemahkan menjadi alur belajar bersama.

Sigit Priatmoko. Pejuang literasi yang baru muncul tetapi mendadak sudah mengorganisir komunitas dan mampu berkarya. Beberapa buku seputar pendidikan sudah diterbitkan. Dan ada naskahnya yang tembus Penerbit Gramedia. Padahal lumayan berdarah-darah lo untuk bisa menembus Gramedia. Sosok humble ini pun berkecimpung sebagai pengelola dan redaksi kampusdesa.or.id. Sosok ini sekarang sudah menjejakkan profesinya di dosen tetap pada Prodi PGMI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Fathan Faris Saputro. Pejunag literasi yang masih sangat muda. Produktif menjadi beberapa kontributor media online, beberapa naskah berhasil diterbitkan dalam beberapa buku. Semangat produktifnya ingin dipantikkan ke orang lain agar tumbuh cara belajar mandiri dan supercepat, khususnya dalam bidang menulis, jurnalistik, dan mengelola beberapa admin media daring. Fathan akan terbang dari Lamongan menuju Bestari Jombang untuk berbagi. Oh ya, Sosok muda ini juga admin kampusdesa.or.id lo. Coba cari namanya di mesin pencari laman kampusdesa.

Relung Fajar. Instagram Content Creator, Penulis Buku. Di usia yang cukup muda (semester tiga), mahasiswa ini sudah berhasil menulis buku dari tugas mata-kuliah dan mampu menjualnya dalam waktu yang sangat cepat. Bukunya masih di penerbit, dan kuliahnya belum ujian, perempuan ini sudah mampu memiliki pre-order calon bukunya. Tentu ada beberapa buku lain. Bahkan, perempuan cantik dan penuh semangat ini, berhasil pergi ke Eropa setelah memenangkan lomba membikin caption di Instagram. Relung akan menyempatkan waktu berbagi di tengah-tengah kesibukannya Praktik Kerja Lapangan sebagai mahasiswa Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Yusuf Ratu Agung. Fasilitatot Senam Kecerdasan dari komunitas Radiasi Tenaga Dalam. Pergulatannya mendalami praktik senam kecerdasan, melalui olah cakra, akan berbagi seputar tata kelola tubuh dan spiritual untuk membantu memaksimalkan kecerdasan personal seorang pembelajar. Dengan pelatihan senam kecerdasan rutin, Sosok Ahli Psikologi Sosial, ini akan menularkan senam kecerdasan untuk meningkatkan spirit cakra diri sehingga mempercepat proses perubahan diri.

Ahmad Shihabuddin. Content creator untuk akun Tanah Alas Indonesia. Pun pengelola akun Sabdaexplore dan Sabdaperubahan yang followernya sudah ratusan ribu. Pengalamannya bisa menjadi pengungkit ketrampilan kita dalam menggunakan gadget untuk perluasan jangkauan market share kita. Siap berbagi teknik sederhana memoto dan video.

Astatik Bestari. Fasilitator Digital Literacy Corner dan Owner PKBM Bestari. Perempuan aktif ini akan menyediakan tempat belajar dan memfasilitas perjumpaan para kolaborator. Beliau sedang merintis, PKBM Bestari menjadi wadah pengembangan melek digital dan membuat peta lembaga dengan daya dukung infrastruktur digital. Beliau menjadi kolaborator Kampus Desa dan akan disiapkan sebuah pojok digital untuk pengembangan laboratorium PKBM dengan infrastruktur digital.

Bantu sebarin ya.

Target Kegiatan Bedah Web apa ya?

Pertemuan ini ditujukan untuk membuat peta potensi dan ditindaklanjuti sehingga,

  1. Mendapat pengungkit motivasi dan menyiapkan diri menjadi pembelajar otentik
  2. Mampu upload di kampusdesa.or.id melalui proses pendampingan literasi tatakelola website dan ketrampilan olah digital. Kalau mampu konsisten, anda layak didampingi membikin website.
  3. Memiliki brand pribadi dan lembaga atau produk usaha.
  4. Membuat content creator berbasis video dan foto untuk latihan promosi.
  5. Mendapat setifikat pengakuan komptensi digital untuk pemula

Untuk informasi kegiatan ini, silahkan komunikasi 081231341035

Pelaksanaan, Sabtu-Minggu, 10-11 Agustus 2019

Tempat Belajar : PKBM BESTARI CATAKGAYAM, MOJOWARNO, JOMBANG

Kegiatan ini merupakan layanan berbagi Kampus Desa untuk pengembangan rintisan pilot percontohan Literasi Digital berbasis komunitas. Layanan ini dapat dikembangkan, khusus bagi PKBM yang ada di seputaran Jawa Timur.

Kami mengundang para Relawan Profesional di Bidang IT untuk turut berbagi dalam pengayaan teknologi digital. Kolaborasi para relawan turut menyumbangkan infaq profesional sehingga memperluas amal para profesional. Silahkan menghubungi IG, fanpage atau media sosial yang tertera di footer (halaman bawah) laman ini.