Jangan Takut atau Merasa Lucu Membuat Impian Besar, Ini Buktinya !

0
44

Beberapa tahun yang lalu saya membuat “papan impian” di kamar saya. Di pojok kanan atas tertempel gambar hotel bertingkat, dengan tulisan “Punya hotel Boutique”, yaitu sebuah hotel yang mengedepankan keindahan.

Jarak saya ke hotel itu dan jarak Anda ke hotel itu sama. Nilai sebuah hotel 5-6 lantai sekitar 100 milyar. Jarak sy saat ini ke 100 milyar itu sangat jauh. Seandainya saya menabung 100 juta sebulan, butuh 1000 bulan atau 83 tahun. Anda mungkin butuh 830 tahun jika menabung 10 juta sebulan. Jika 1 juta sebulan ? Tetapi 83 tahun, 830 tahun atau 8300 tahun tidak banyak bedanya, sama sama sangat jauh. Sama dengan tenggelam di laut berkedalaman 3 meter, 30 meter atau 300 meter ya sama saja. Jika kita tidak bisa berenang ya sama sama tenggelam.

Beda saya dengan Anda adalah saya berani menempelkan impian itu dan menjemput nasib saya. Bagaimana dengan Anda. Beranikah Anda keluar dari zona nyaman yg Anda kerjakan sekarang dan menjemput nasib Anda ?

Percaya tidak ? Impian itu hampir terwujud.

Selama beberapa tahun saya berniat menjual hotel kecil saya di Batu, karena hasil dan nilai aset tidak seimbang, karena harga tanah yang semakin mahal, nilai hotel saya itu kisaran 25 milyar. Sudah beberapa tahun tidak kunjung laku-laku. Saya mengatakan ke isteri, bahwa ini lokasi emas, di jalan kembar, dekat dengan hampir semua tempat wisata di Batu. Belakang rumah, eh hotel ada Jatim Park 1. Jalan beberapa menit ke arah kiri sampai ke museum angkut. Jalan beberapa menit ke kanan sampai di Jatim Park 2.

Semua mengatakan eman. Saya hanya mengatakan bahwa eman jika lokasi sebagus ini hanya ditempati hotel kelas melati seperti ini. Seharusnya ini ditempati hotel berbintang, barulah nilai tanah dan pemanfaatannya berimbang. Sedang saya jelas tidak mampu membangun hotel berbintang. Jadi biarlah orang lain yang mengelola lokasi emas ini.

Kemarin dream come true, tepatnya hampir come true. 🙂

Ada ide membangun dengan sistem gotong royong dengan masyarakat atau model Condotel (Condominium Hotel). Misal 200 kamar, yg 100 dijual ke masyarakat dan uangnya digunakan membangun hotel. Mirip di CD pak Rennier Latief itu. Dan ini sedang jadi trend saat ini. Punya uang 600 juta sampai 1 milyar sudah bisa punya hotel, meski hanya 1 kamar. Pengelolaan diserahkan salah satu operator yaitu hotel Harris.

Doakan ini sukses. Ponakan ponakan saya yang menanganinya (Tulisan ini diambil dari seri pelajaran kewirausahaan di group whatsapp Program Lanjutan yang diasuh oleh Penulis).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here